Kamis, 16 Desember 2010

ANALISIS SWOT

STRENGTHS ; merupakan berbagai kekuatan internal sumber daya organisasi perusahaan


WEAKNESSES ; merupakan berbagai kelemahan internal sumber daya organisasi yang dimiliki oleh perusahaan dibandingkan dengan pesaing

OPPORTUNITIES; merupakan berbagai kondisi maupun trend positif yang terdapat di lingkungan pasar perusahaan yang dapat di-eksploitasi oleh perusahaan untuk menciptakan keunggulan besaing maupun keuntungan

THREATHS; merupakan berbagai ancaman yang muncul dari lingkungan perusahaan seperti masuknya pesaing baru, perubahan teknologi, perubahan peraturan pemerintah dll yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

67 komentar:

  1. Kelompok Manajemen Semester 7
    Nama : Yanti (075310066)
    Silvia (075310051)

    Analisis SWOT Perusahaan Coca Cola Company

    Kekuatan(Strenght)
    1.Menguasai pangsa pasar dunia
    2.Beroperasi hingga lebih dari 200 negara
    3.Memproduksi 400 merk yang terdiri lebih dari 2600 produk minuman
    4.Perusahaan minuman terbesar sedunia
    5.Sebagai inovator dalam industri soft drink
    6.Mempunyai struktur organisasi yang sangat baik
    7.Memiliki kepopuleran merk yang tinggi dan dikenal oleh masyarakat dunia
    8.Perbedaan geografi perusahaan memberikan keseimbangan
    9.Net operating revenue tumbuh 4% menjadi $24.1 billion, dan operating income tumbuh 4% menjadi $6.3 billion

    Kelemahan(Weakness)
    1.Inovasi dan ekspansi yang lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi keinginan pasar
    2.Coca Cola hanya berbasis pada kategori minuman dan belum merambah ke sektor lain
    3.Segmentasi terlalu global

    Peluang(Opportunity) Perusahaan Coca Cola Company
    1.Integrasi ke depan dimana perusahaan melakukan akuisisi kepemilikan atas distributor atau pengecer.
    2.Integrasi ke belakang dimana perusahaan mencari kepemilikan atas pemasok perusahaan
    3.Integrasi Horizontal dimana perusahaan menguasai perusahaan lain yang sejenis, seperti halnya mengakuisisi merek air minum lokal, Ades melalui PT Coca Cola Bottling Indonesia.
    4.Penetrasi Pasar dimana perusahaan meningkatkan pangsa pasar untuk produk saat ini di pasar melalui upaya pemasaran yang lebih besar.

    Ancaman(Threath) The Coca Cola Company:
    1.Banyak konsumen yang mulai meninggalkan minuman berkarbonasi
    2.Di beberapa negara seperti India melarang penjualan coca-cola
    3.Invasi AS ke Irak yang mempengaruhi penjualan coca-cola
    4.Tingginya harga bahan mentah
    5.Kesulitan mengatur seluruh anak perusahaan sedunia.

    Analisis SWOT Perusahaan Pepsi Co

    Kekuatan(Strenght) Perusahaan Pepsi Co
    1.Pepsi memiliki lini produk yang lebih luas dan reputasi yang luar biasa.
    2.Penggabungan Quaker Oats menghasilkan sinergi di pasaran.
    3.Kerjasama dengan berbagai gerai makanan seperti KFC
    4.Rekam pendapatan dan meningkatkan pangsa pasar.
    5.Kurangnya kendala modal (ketersediaan aliran kas bebas yang besar).
    6.Merek yang kuat, distribusi yang kuat, kemampuan inovatif
    7.Nomor satu dalam pembuat makanan ringan, seperti keripik jagung dan keripik kentang. Produk bervariasi, tidak hanya minuman.

    Kelemahan(Weakness) Perusahaan Pepsi Co
    1.Pepsi sulit untuk menginspirasi visi dan arah perusahaan global yang besar.
    2.Tidak semua produk PepsiCo menanggung nama perusahaan
    3.PepsiCo tertinggal jauh dari Coca-cola di pasar internasional, permintaan adalah sangat elastis.

    Peluang (Opportunity) Perusahaan Pepsi Co
    1.Pengembangan Pasar dimana perusahaan memperkenalkan produk saat ini ke area geografis yang baru.
    2.Pengembangan Produk dimana perusahaan menciptakan produk baru jenis makanan.
    3.Diversifikasi Konsentrik dimana perusahaan menambah produk baru yang masih berkaitan dengan produk lama.
    4.Strategi Kepemimpinan Harga dimana perusahaan berusaha menjadi perusahaan yang berbiaya rendah karena semakin tingginya tingkat persaingan.

    Ancaman(Threath) PepsiCo:
    1.Pepsi dipersalahkan atas residu pestisida dalam produk mereka dalam salah satu dari mereka yang paling menjanjikan di pasar Negara berkembang misalnya di India
    2.Lebih dari 50 persen dari penjualan perusahaan berasal dari Frito-Lay; ini merupakan ancaman jika pasar mengalami penurunan
    3.PepsiCo sekarang bersaing dengan Cadbury Schweppes, dan Kraft, selain Coca Cola, (karena produk yang lebih luas).
    4.Ukuran perusahaan akan menuntut beragam program pemasaran; sosial, budaya, ekonomi, politik dan pemerintahan menjadi pertimbangan.

    BalasHapus
  2. Perbandingan Kedua Perusahaan

    Perbandingan Strenght Coca Cola Company & Pepsi Co
    Kedua Perusahaan memiliki keunggulannya masing-masing.Seperti Coca Cola Company, Perusahaan ini sudah memiliki kepopuleran yg besar di pangsa pasar dunia dan merupakan perusahaan minuman terbesar didunia. Hal ini ditunjukkan dengan masuknya merek Coca Cola di urutan ke-4 dari 10 besar World’s Most Powerful Brand. Dan pada majalah Business Week dari 100 merek teratas, Coca Cola sudah menempati urutan pertama selama tujuh tahun berturut-turut.
    Sedangkan Pepsi Co. kepopuleranya juga tak kalah dengan perusahan Coca Cola.Pepsi Co memiliki lini produk yang luas dan reputasi yang luar biasa.Pepsi Co juga melakukan kerjasama dengan berbagai gerai makanan fast food seperti KFC.Dan penjualan Pepsi Co tak hanya berpatokan pada minuman saja.Pepsi Co memiliki produk makanan yang sangat digemari di pasaran yaitu Frito-Lay.Produk ini menghasilkan 50% penjualan bagi perusahaan ini.

    Perbandingan Weakness Coca Cola Company & Pepsi Co
    Kelemahaan Perusahaan Coca Cola yaitu Perusahaan ini hanya berbasis pada kategori minuman saja dan belum merambah ke sektor lainnya.Selain itu Inovasi dan ekspansi yang dilakukan oleh perusahaan Coca Cola sangat lambat dalam mengatasi persaingan & keinginan pasar
    Sedangkan Perusahaan Pepsi Co memiliki kelemahan yaitu di pasar internasional Pepsi Co masih tertinggal jauh dari perusahan Coca Cola.Selain itu tidak semua produk dari Pepsi Co menanggung nama perusahaan tersebut.Pepsi Co juga sulit untuk menginspirasi visi dari perusahaan global yang besar.

    Perbandingan Opportunity Coca Cola Company & Pepsi Co
    Peluang Perusahaan Coca Cola Company dalam pangsa pasar internasional dewasa ini yaitu Coca Cola dapat melakukan penetrasi pasar dimana perusahaan meningkatkan pangsa pasar melalui upaya pemasaran yg lebih besar dan Perusahan Coca Cola yang sudah sangat terkenal dapat memanfaatkan teknologi yang maju saat ini dalam melakukan inovasi yang berbeda dari perusahaan-perusahaan lainnya.
    Sedangkan peluang Pepsi Co yaitu perusahaan ini dapat melakukan pengembangan pasar dimana perusahaan melakukan pengenalan produk ke area geografis yang baru,selain itu Pepsi Co juga dapat menciptakan produk baru jenis makanan yang dapat menarik minat pasar.Disamping itu pendistribusian yang baik dan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat membuat Pepsi Co memiliki peluang yang besar dalam memajukan perusahaannya.

    Perbandingan Threat Coca Cola Company & Pepsi Co
    Ancaman bagi Perusahaan Coca Cola Company yaitu dewasa ini banyak konsumen yang mulai meninggalkan minuman berkarbonasi karena konsumen mulai beralih ke hidup sehat hal ini terlihat dengan banyaknya konsumen yang lebih memilih untuk meminum air putih daripada minuman berkarbonasi.Selain itu di beberapa negara yang berpotensi seperti India melarang penjualan Coca Cola.Disamping itu Perusahaan Coca Cola yang memiliki anak perusahaan di berbagai tempat membuat perusahaan ini kewalahan dalam mengatur seluruh anak perusahaannya.
    Sedangkan Ancaman bagi Pepsi Co yaitu lebih dari 50% penjualan perusahaan ini berasal dari Frito-Lay dan apabila terjadi penurunan penjualan maka Pepsi Co akan terancam.Selain itu karena produk Pepsi Co yang bermacam-macam(tidak hanya pada produk minuman) membuat Pepsi Co harus lebih keras bersaing dengan perusahaan lainnya selain Coca Cola Company.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kesimpulan
    Dari analisis SWOT di atas dapat disimpulkan bahwa Perusahaan Coca Cola masih memimpin persaingan di antara Perusahaan minuman berkarbonasi.Karena Coca Cola merupakan brand yang paling dikenal di seluruh dunia.Setiap negara pasti mengenal produk Coca Cola.Disamping itu Pepsi Co yang merupakan saingannya masih tertinggal jauh dari Coca Cola di pangsa pasar internasional.Dilihat dari Threathnya Coca Cola hanya perlu melakukan inovasi dan pengembangan pasar.Tetapi Pepsi Co terancam dengan pernyataan apabila terjadi penurunan penjualan untuk produk Frito-Lay nya.Karena produk tersebut menghasilkan 50% penjualan untuk perusahaan tersebut. Pada Opportunitynya Coca Cola Company hanya perlu melakukan ekspansi pasar dan penginovasian produknya.Sedangkan Pepsi Co harus mengejar ketinggalannya di pangsa pasar internasional dan terjebak di pengembangan produk yang sulit karena tidak hanya memegang produk minuman saja tetapi juga memegang produk snack.

    Kelompok Manajemen Semester 7
    Nama : Yanti (075310066)
    Silvia (075310051)

    BalasHapus
  5. Manajemen Semester 7
    Nama : Surianti (075310059)
    Wawan Firmawan (075310063)

    ANALISIS SWOT PT.DUNLOP
    STRENGTHS / KEKUATAN

    1. Advertising (Iklan)
    Beriklan dilakukan dengan cara:
    Media Cetak : Brosur, spanduk, poster, iklan majalah/koran.
    2.Sales Promotion
    Promosi melalui acara / pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga dilakukan penjualan ditempat.misalnya Menjadi sponsor sebuah event dan acara

    3.Public Relation
    Cara promosi ini cenderung untuk membuat image perusahaan baik dimata konsumen misalnya Kunjungan langsung kepabrik dunloop

    1. Ban Di kembangkan dengan Teknologi Digital Rolling Simulation III (DRS III) sehingga simulasi pengaruh design ban pada performa mobil dapat dilakukan lebih teliti.
    2. Pola telapak asimetrik yang halus dengan dekorasi dinding samping ban yang mewah.
    3. Dengan konstruksi steel belt dari 2x2 menjadi 1x4 dimana 4 kawat baja yang disusun menjadi 1 kesatuan sehingga menghasilkan ban yang kuat baik untuk kecepatan maupun beban.
    4. Konstruksi bead yang lebih bagus tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut sehingga tetap nyaman meskipun melewati permukaan jalan yang tidak rata
    5. Memiliki rim guard pada bagian inside dan ouside untuk menjaga benturan agar rim pelek tidak mudah rusak.
    6.Performa dalam kondisi jalan basah sangat bagus, dengan alur melintang pada sisi dalam (in) dan 2 alur utama pada bagian tengah mewujudkan performa hydroplaning tinggi.
    7.Dengan side lettering yang elegan dan tipe letering yang asimetrik membuat ban ini mudah dipahami pemasangan nya.
    8.Ban Dunlop yang terkenal kualitasnya, telah teruji di jalan tol, yang mempunyai karakteristik tersendiri pada kecepatan tinggi dengan performa prima.
    9.Dunlop mampu menjawab tantangan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tentang ban yang berkualitas.
    WEAKNESSES / KELEMAHAN
    1. Compound nya(campuran karet dengan bahan-bahan kimia lain sebagai bahan dasar pembuatan ban) empuk jadi cepet abis,
    2. Ban performance yang punya arah rotasi kecenderungannya agak berisik
    3. DUNLOP TT900, ban-nya keras dan agak licin.. tidakcocok di jalanan basa
    4. Produk Hanya terfokus pada kendaraan roda 4 saja.

    OPPORTUNITIES / KEUNGGULAN
    1. Konsep dasar diluncurkan produk ini adalah untuk mengisi pasar segment premium comfort yaitu bagi mereka yang menginginkan berkendara dengan nyaman, tidak berisik (low noise).
    2. Target mobil yang menggunakan ban ini adalah mobil kelas menengah keatas ( luxury car )
    3. Pabrikan ban yang produknya telah dipercaya menjadi ban andalan pabrikan mobil ternama.
    4. Menciptakan satu cara baru untuk belanja ban dan memberi keuntungan kepada konsumen. Yaitu Program Kartu Kredit Mandiri Dunlop

    BalasHapus
  6. Part.2
    Nama : Surianti (075310059)
    Wawan Firmawan (075310063)

    THREATHS / ANCAMAN
    1. Banyak perusahaan sejumlah pesaing yang memproduksi produk sejenis
    2. Beredarnya produk ban cina dengn harganya murah
    3. Beredarnya ban vulkanisir yang harganya sangat murah

    ANALISIS SWOT PT.BRIDGESTON
    STRENGTHS / KEKUATAN

    PT. Bridgestone Tire Indonesia telah mendapatkan pengakuan mutu produknya oleh Bridgestone Corporation sehingga mendapat kepercayaan sebagai basis Export Bridgestone ke seluruh dunia.
    Hal ini merupakan dorongan bagi PT. Bridgestone Tire Indonesia untuk lebih meningkatkan mutu produk dan kapasitas produksinya.
    Jaringan pemasaran Bridgestone mencakup:
    Domestic
    REP / Replacement (Penjualan ke Agen)
    OEM / Original Equipment Manufacturing (Penjualan ke Perusahaan Perakit Mobil Kendaraan)
    Ekspor
    Seluruh produk-produk Bridgestone dirancang dan dikembangkan melalui penelitian yang mendalam, dan pengembangan secara terus menerus, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Pusat Pengembangan Teknologi Ban di Tokyo, Jepang yang menggunakan teknlogi terbaru. Sehingga kualifikasi dan syarat mutu Bridgestone telah memenuhi standar internasional.

    Sebagai produsen ban utama di Indonesia, Bridgestone memiliki berbagai keunggulan, antara lain : jaminan mutu bagi setiap produk Bridgestone, produk-produk sangat inovatif sesuai kebutuhan pelanggan, layanan penjualan yang dekat dengan pelanggan, serta dukungan manajemen dan infra struktur yang sangat memadai.
    Ban yang telah diproduksi di Indonesia dengan gengsi tertinggi bagi penggunanya.
    Jarang ada yang gagal dalam pemakaian, misal dinding ban robek dll.
    pengguna ban merk ini akan merasa lebih aman, karena ban yang dipasarkan kwalitasnya lebih terjamin dibandingkan merk lainnya yg diproduksi di Indonesia.
    Harganya pun tak terpaut teralu jauh dengan merk lainnya.
    Karena ban itu identik dengan nyawa, lebih baik pilih yang paling pasti dalam hal keselamatan, yaitu kualitasnya barangnya

    WEAKNESSES / KELEMAHAN
    1. Biasanya ban dengan kwalitas bagus harganya relatip mahal.
    2. Harga yang tidak terjanggkau memungkinkan terbatasnya pangsa pasar.
    3. Untuk ban dengan ukuran yang besar, biasanya mengalami guncangan yang keras,akibatnya mengganggu pada saat mengemudi.

    OPPORTUNITIES / KEUNGGULAN
    Sejarah singkat
    PT. Bridgestone Tire Indonesia merupakan Perusahaan patungan swasta Nasional Indonesia dengan swasta Jepang. Perusahaan didirikan pada tanggal 8 September 1973, berdasarkan UU Pemerintah Republik Indonesia No.1/1967, tentang Penanaman Modal Asing.
    Pemegang saham terdiri dari PT. Sinar Bersama Makmur, Bridgestone Corporation dan Mitsui & Co, Ltd.
    Bridgestone kini telah memperluas ekspornya ke Asia Tenggara, Oceania, Negara-negara Timur Tengah dan Afrika, yang menghasilkan devisa bagi negara.
    THREATHS / ANCAMAN
    1.Ancaman yang peling utama yaitu banyaknya pesaing lokal yang memproduksi jenis ban dan tipe yang sama
    2. Harga yang mahal membuat konsumen tingkat menengah tidak mampu menjangkau
    3. Produk Ban Bridgestone hanya terfokus pada kendaraan roda dua saja.
    4.Ban dengan tipe tinggi hanya cocok pada mobil mewah saja

    BalasHapus
  7. Part.3
    Nama : Surianti (075310059)
    Wawan Firmawan (075310063)

    PERBANDINGAN
    1. STRENGTHS / KEKUATAN
    PT.DUNLOP :
    - Memperkenalkan produk melalui mdia cetak seperti : brosur, spanduk, poster, iklan, dll. Promosi produk dapat dilakukn dengan mengunjungi pabrik Dunlop secara langsung. PT.DUNLOP memproduksi ban ag dikembangkan dengan Teknologi Digital Rolling Stimulation III (DRS III).
    PT. BRIDGESTONE :
    - PT. Bridgestone Tire Indonesia telah mendapatkan pengakuan mutu produknya oleh Bridgestone Corporation sehingga mendapat kepercayaan sebagai basis Export Bridgestone ke seluruh dunia.Hal ini merupakan dorongan bagi PT. Bridgestone Tire Indonesia untuk lebih meningkatkan mutu produk dan kapasitas produksinya.
    - Seluruh produk-produk Bridgestone dirancang dan dikembangkan melalui penelitian yang mendalam, dan pengembangan secara terus menerus, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Pusat Pengembangan Teknologi Ban di Tokyo, Jepang yang menggunakan teknlogi terbaru. Sehingga kualifikasi dan syarat mutu Bridgestone telah memenuhi standar internasional.
    2. WEAKNESSES / KELEMAHAN
    PT.DUNLOP :
    - Ban dari Dunlop dibuat dengan campuran karet dengan bahan-bahan kimia lain sebagai bahan dasar pembuatan ban menjadi empuk &jadi cepat habis. Produk dari PT.DUNLOP hanya focus pada kendaraan roda empat saja.

    PT. BRIDGESTONE :
    -Ban BRIDGESTONE yang berukuran besar biasanya mengalami guncangan yang keras, akibtnya mengganggu pada saat mengemudi.
    3. OPPORTUNITIES / KEUNGGULAN
    PT.DUNLOP :

    -Konsep dasar diluncurkan produk ini adalah untuk mengisi pasar segment premium comfort yaitu bagi mereka yang menginginkan berkendara dengan nyaman, tidak berisik (low noise). Menciptakan satu cara baru untuk belanja ban dan memberi keuntungan kepada konsumen. Yaitu Program Kartu Kredit Mandiri Dunlop.
    PT. BRIDGESTONE :
    - Pabrikan bridgestone merupakan salah satu pabrikan ban ternama untuk kendaran baik itu kendaraan beroda dua ataupun beroda empat. Pabrikan ban ini juga menawarkan layanan after sales yang memuaskan bagi para konsumennya seperti pelayanan untuk mempres ban apabila permukaan ban tersebut sudah rata dan licin.
    4. THREATHS / ANCAMAN
    PT.DUNLOP :
    - Banyak perusahaan sejumlah pesaing yang memproduksi produk sejenis. Beredarnya produk ban cina dengn harganya murah.Beredarnya ban vulkanisir yang harganya sangat murah.
    PT. BRIDGESTONE :
    - Ancaman yang peling utama yaitu banyaknya pesaing lokal yang memproduksi jenis ban dan tipe yang sama.

    KESIMPULAN
    Dari perbandingan analisis SWOT pada PT.DUNLOP dan PT. BRIDGESTONE, maka dapat disimpulkan bahwa PT. BRIDGESTONE yang lebih unggul dari segi kualitasnya, sehingga produk-produk ban roda dua dan roda empat lebih diminati oleh konsumen diseluruh dunia.

    BalasHapus
  8. Manajemen Semester VII

    Nama : Nurmala Sari
    Nim : 065310050

    Part 1

    ANALISIS SWOT ANTARA PERUSAHAAN MINUMAN ISOTONIK POCARI SWEET DAN VITAZONE
    1. POCARI SWEAT

    a. Strength ( Kekuatan )
    - Kapasitas produksi yang besar ( diatas 100 juta liter per tahun )
    - Distribution Channel yang telah terbangun sejak tahun 1990
    - Transfer knowledge, edukasi konsumen yang telah terbangun sejak tahun 1990 an menciptakan konsumen yang loyal
    - Keikutsertaan perusahaan dalam aktivitas sosial yang secara tidak langsung memperkuat citra Pocari Sweat di masyarakat Indonesia.
    - Sudah memiliki established relationship dengan event-event olahraga internasional.

    b. Weakness ( Kelemahan )
    - Kurangnya pemahaman produk dari distribution channel, khususnya traditional channel yang umumnya menaruh Pocari Sweat sejajar dengan minuman energi bahkan minuman ringan

    c. Opportunities ( Peluang )
    - Pasar masih dalam tahap growth, sehingga potensinya masih terbuka lebar.
    - Sejauh ini, inovasi produk dari minuman isotonik hanya bersifat incremental sehingga masih terbuka kesempatan untuk pengembangan produk.
    - Persepsi masyarakat bahwa Pocari Sweat memiliki kemampuan medis untuk membantu proses penyembuhan..


    d. Threat ( Ancaman )
    - Barriers to entry rendah, dimana akses bahan baku mudah dan relatif murah.
    - Kompetitor baru dari perusahaan yang telah bergerak di bidang makanan & minuman sebelumnya, sehingga dapat memanfaatkan jalur distribusi yang telah ada.
    - Konsumen semakin selektif, mudah untuk melakukan switching bahkan ke minuman kesehatan lainnya.
    -Isu kesehatan: keamanan jangka panjang bila mengkonsumsi minuman isotonik, terkait isu bahan alami dan bahan pengawet.

    BalasHapus
  9. Manajemen Semester VII

    Nama : Nurmala Sari
    Nim : 065310050

    Part 2

    2. VITAZONE

    a. Strenght ( Kekuatan )
    • Rasanya yang lebih disukai konsumen
    • Tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan
    • Memiliki kandungan vitamin yang cukup
    • Desain botol vitazone yang dianggap merupakan terobosan baru dari minuman botol dalam kemasan.
    • Memiliki beberapa varietas rasa yang berbeda.

    b. Weakness ( Kelemahan )
    • Harganya yang relatif mahal dibandingkan produk kompetitornya
    • Harga yang dipersepsikan tidak sesuai dengan kualitas rasa yang ditawarkan
    • Produk susah didapat di pasar
    • Iklan kurang menarik yang terkesan membodohi masyarakat
    • Warna desain kemasan terkesan mengekor salah satu produk dari kompetitor
    • Image Vitazone sebagai minuman isotonik bervitamin kurang kuat dalam benak konsumen
    • Memiliki nama yang hampir sama dengan salah satu kompetitornya

    c. Opportunity ( Peluang )
    • Konsumen yang semakin sadar akan gaya hidup sehat dan kesehatan bagi tubuh
    • Banyaknya konsumen yang lebih menyukai hal - hal yang praktis
    • Vitazone menyuport dan mengadakan even - even yang berkaitan dengan aktivitas yang membutuhkan pengganti cairan dalam tubuh, seperti even olahraga dan outbond.
    • Menyesuaikan dengan minat pasar yang menyukai kepraktisan, maka memperbanyak varian produk menurut kemasan dan akan menambah varian rasa.

    d. Threat ( Ancaman )
    • Competitor yang semakin banyak di pasar
    • Fakta bahwa terlalu banyak mengkonsumsi minuman isotonic dapat mengganggu kesehatan

    BalasHapus
  10. Nama : Nurmala Sari
    Nim : 065310050

    Part 3

    3. PERBANDINGAN ANTARA 2 PERUSAHAAN
    - Perbandingan Strenght ( Kekuatan )
    Minuman isotonik merupakan produk yang tergolong baru di dalam industri minuman kesehatan. Salah satunya adalah Pocari Sweat yang merupakan pelopor dari minuman isotonik di Indonesia dan hingga kini masih sebagai pemimpin pasar.
    Saat ini di pasar minuman isotonik masih dipimpin oleh Pocari Sweat (53.4%) dengan pertumbuhan penjualan selama dalam tiga tahun terkahri (2006 hingga 2008) berhasil melampaui rata-rata industrinya yaitu sekitar 30 – 40 %. Dengan kondisi tersebut, Pocari Sweat saat ini berada di posisi market leader dengan market share sekitar 50%. Meskipun rasa yang dimiliki masih sangat terbatas namun minuman ini masih menempati posisi teratas. Hal tersebut terkait dengan keputusan strategis yang diambil oleh manajemen bahwa Pocari Sweat tidak bersaing dari segi harga namun dari segi nilai dan manfaat produk. Akan tetapi, dalam rangka untuk tetap mengimbangi minuman isotonik merek lain yang harganya lebih murah.

    Sedangkan minuman isotonik Vitazone meski tergolong produk yang relatif masih baru, kualitas Vitazone telah dikenal sebagai produk minuman kemasan isotonik bervitamin yang paling komplit dengan harga paling terjangkau. “Vitazone memiliki empat rasa, yakni citrus, sirsak lemon, orange, dan grapeberry. kelebihan lain, di antaranya tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.
    Dan memiliki ukuran yang lebih besar dari produk lain dengan harga yang lebih terjangkau, vitamin yang terkandung dalam Vitazone pun lebih komplit, karena mengandung vitamin-vitamin C, B3, B5, B6, B7, dan B12, sehingga baik juga diminum oleh anak-anak usia SD ke atas,” Adanya produk tambahan lain seperti Vitarobic dari Vitazone yang membantu penjualan nya.

    - Perbandingan Weakness ( Kelemahan )

    Positioning dari Pocari Sweat sejauh ini adalah minuman pengganti cairan tubuh dan mineral yang hilang selama beraktivitas. Hal ini cenderung memiliki kesamaan dengan manfaat yang ditawarkan oleh merek lainnya sehingga tidak ada kepastian yang diharapkan masyarakat dari produk ini tentang kualitas yang ditawarkannya. Selain itu Inovasi dan ekspansi yang dilakukan oleh perusahaan sangat lambat dalam mengatasi persaingan & keinginan pasar akan keanekaragaman rasa yang ditawarkan. .
    Vitazone sendiri juga tak jauh beda dengan Pocari Sweat. Meskipun telah memiliki variasi rasa yang berbeda, namun pasar masih saja menganggap produk ini seperti minuman pelepas dahaga semata dan lambatnya cara menarik simpati untuk mempertahankan produk yang dikonsumsi masyarakat, karena masih adanya anggapan pesan iklan yang disampaikan minuman ini terlalu mengada-ngada sehingga mengurangi sedikit kepercayaan di masyarakat.

    BalasHapus
  11. Nama : Nurmala Sari
    Nim : 065310050

    Part 4
    - Perbandingan Opportunity ( Peluang )

    Target pasar Pocari Sweat berada dikalangan usia 18-35 tahun yang masih berpeluang luas di pasar dengan aktivitas yang dinamis dan memiliki kepedulian akan kesehatan dan penampilan. Ini terlihat dari komunikasi pemasaran yang menampilkan talent yang masih berusia muda dan berprestasi di bidang olahraga dan entertainment, keluarga dari pasangan muda yang cenderung terbuka dengan berbagai produk kesehatan di luar herbal, produk dari kemasan family ukuran 1L dan 2L. Dalam komunikasi pemasarannya, pasar dididik untuk menyadari bahwa dalam aktivitas sehari-hari mengkonsumsi air putih saja tidaklah cukup. Hampir semua pemain di pasar minuman isotonik menggunakan channel distribution modern dan tradisional untuk membentuk persepsi konsumen bahwa minuman isotonik sebagai minuman konsumsi sehari-hari dan bukan minuman yang bersifat ocassional. Di tengah persaingan yang kompetitif inilah, Pocari Sweat harus membangun jalur distribusi untuk menghadapi para pesaing yang memanfaatkan jalur distribusi mereka dari produk lain (diluar minuman isotonik) yang telah ada. Pocari Sweat menetapkan strategi komunikasi pemasaran yang bersifat edukatif, mengandalkan transfer product knowledge pada konsumen. Yang masih memegang kunci dalam komunikasi pemasaran dan memiliki keunggulan dibanding para pesaing karena kegiatan ini telah lebih dulu dilakukan Pocari Sweat dengan posisinya sebagai pelopor.

    Produk Vitazone yang pemasarannya tertuju pada mayoritas masyarakat perkotaan yang mulai sadar akan pentingnya kesehatan bagi tubuh mereka. Dengan padatnya aktifitas yang mereka lakukan, mereka membutuhkan sesuatu yang praktis dan sehat yang dapat membantu menjaga stamina dan tidak mengganggu aktivitas mereka yang lebih simple dan mudah di bawa kemana-mana tanpa menyulitkan mereka. Menyesuaikan dengan minat pasar yang menyukai kepraktisan, maka memperbanyak varian produk menurut kemasan, selain dalam botol juga akan menyediakan dalam bentuk padat berupa tablet
    sehingga dapat dibawa dalam jumlah banyak tanpa terlalu memakan banyak tempat. Vitazone juga akan tersedia dalam bentuk sachet dan akan ditambah varian rasa.

    BalasHapus
  12. Nama : Nurmala Sari
    NIM : 065310050

    Part 5
    - Perbandingan Threat ( Ancaman )

    Dewasa sekarang ini banyak masyarakat yang mulai beralih ke minuman mineral biasa yang lebih terjamin akan kualitasnya. Oleh karena itu, produk minuman isotonik Pocari Sweet ini di harapkan dapat memberi sesuatu yang berbeda yang telah ada sebelumnya. Misalnya saja membuat suatu inovasi rasa ataupun bentuk kemasan yang berbeda dan lebih praktis dibawa kemana-mana yang telah dimiliki sehingga pasar tidak merasa bosan mengkonsumsi nya. Terlebih agar perusahaan tak kalah saing dengan produk kompetitornya dan untuk mempertahankan minat pasar sekaipun Pocari telah menempati Market leader minuman isotonik.
    Vitazone sendiri sebagai pihak kompetitor yang tertinggal di bawah Pocari Sweet harus berusaha mempertahankan dan memperluas ekspansi usahanya di pasar. Perusahaan harus mengejar ketinggalannya di pangsa pasar dan tidak terjebak dalam pengembangan produk. Memperkenalkan produk ke daerah-daerah tak hanya terpatok pada komunitas perkotaan sehingga produk dapat lebih muda di jumpai dimanapun. Tak hanya mempertahankan minuman satu rasa yang ada, perusahaan akan melakukan inovasi dengan membuat berbagai varian rasa dalam satu kemasan tanpa meninggalkan fungsinya sebagai minuman penambah stamina.


    4. KESIMPULAN
    Dari analisis SWOT tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa minuman isotonik Pocari Sweat masih memimpin persaingan di pasar minuman isotonik lainnya. Produk minuman ini telah memiliki brand yang cukup kuat di pasar. Meskipun begitu, di harapkan perusahaan minuman ini hanya perlu melakukan ekspansi pasar dan memberikan inovasi baru untuk produknya.
    Sedangkan Vitazone sendiri sebagai minuman isotonik yang masih relatif baru dipasar juga harus pintar bersaing dengan kompetitornya. Karena telah memiliki satu produk lain yaitu Vitarobic yang diharapkan agar perusahaan ini dapat memperluas jaringan usahanya di pasar dunia.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Nama : Dika Perdana Sarumaha (075310070)
    Arta Uli Simanjuntak
    Manajemen Semeseter 7 ITMI sore

    Part I
    Analisis SWOT "Starbucks"
    Kekuatan.
    * Starbucks Corporation adalah sebuah organisasi yang sangat menguntungkan, penghasilan lebih dari $ 600 juta pada tahun 2004 perusahaan menghasilkan pendapatan lebih dari $ 5000 juta pada tahun yang sama.
    * Merupakan merek kopi global dibangun di atas reputasi yang baik untuk produk dan jasa. Hampir memiliki 9000kafe di 40 negara.
    * Starbucks adalah salah satu Top Fortune 100 Companies Kerja Untuk tahun 2005. The company is a respected employer that values its workforce. Perusahaan ini adalah induk perusahaan yang dihormati nilai-nilai tenaga kerja.
    * Organisasi ini memiliki nilai-nilai etika yang kuat dan pernyataan misi etika sebagai berikut, 'Starbucks berkomitmen untuk berperan sebagai pemimpin lingkungan di semua aspek dari bisnis ini.

    Kelemahan.
    * Starbucks memiliki reputasi untuk pengembangan produk baru dan kreativitas. Namun, mereka tetap rentan terhadap kemungkinan bahwa inovasi mereka mungkin goyah dari waktu ke waktu.
    * Organisasi ini memiliki kehadiran kuat di Amerika Serikat dengan lebih dari tiga perempat dari kafe mereka yang terletak di pasar dalam negeri. Hal ini sering berpendapat bahwa mereka perlu mencari portofolio negara, dalam rangka untuk menyebarkan risiko bisnis.
    * Organisasi ini tergantung pada keunggulan kompetitif utama, ritel kopi yang bisa membuat mereka lambat untuk diversifikasi ke sektor lain.

    BalasHapus
  23. Part II
    Peluang.
    * Pada tahun 2004 perusahaan tersebut membuat layanan copy CD di Santa Monica (California USA) kafe dengan Hewlett Packard, di mana pelanggan membuat CD musik mereka sendiri.
    * Produk baru dan layanan yang dapat ritel di kafe mereka, seperti produk Fair Trade.
    * The company has the opportunity to expand its global operations. Perusahaan ini memiliki kesempatan untuk memperluas operasi global. New markets for coffee such as India and the Pacific Rim nations are beginning to emerge. pasar baru untuk kopi seperti India dan Pacific Rim bangsa mulai muncul.
    * Co-branding with other manufacturers of food and drink, and brand franchising to manufacturers of other goods and services both have potential. Co-branding dengan produsen lain dari makanan dan minuman, dan merk waralaba untuk produsen barang dan jasa keduanya memiliki potensi.

    Ancaman.
    * Siapa tahu jika pasar untuk kopi akan tumbuh dan tetap menguntungkan para pelanggan, atau apakah jenis lain kegiatan minuman atau waktu bersantai akan menggantikan kopi di masa depan?
    * Starbucks yang terkena dampak kenaikan dalam biaya produk kopi dan susu.
    * Sejak konsepsi di Pike Place Market, Seattle pada tahun 1971, kesuksesan Starbucks 'telah menyebabkan masuknya pasar yang mirip dengannya yang dapat menimbulkan ancaman potensial.

    BalasHapus
  24. SEMESTER VII
    NAMA : JULIANTI ( 085310038 )
    AGUS ( 075310072 )

    ANALISIS SWOT DALAM PERUSAHAAN SAMSUNG
    Strength (kekuatan)
    • Samsung memiliki brand-image yang melekat di masyarakat.
    • Samsung menawarkan produk-produk yang berkualitas
    • Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
    • Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
    • Desain produk-produk Samsung sangat baik dan diunggulkan.
    • Harga produk-produk Samsung bervariasi dan rata-rata terjangkau
    • Adanya diversifikasi produk
    • Pada tahun 2008 Samsung menduduki posisi pertama dalam pasar ponsel AS
    • Samsung mengadakan partnership dengan Amerika dan perusahaan-perusahaan ternama.

    Weakness (Kelemahan)
    • Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda
    • Budaya korporasi Korea yang tidak fleksibel
    • Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
    • Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Samsung kepada para pesaingnya.

    Opportunity (Kesempatan)
    • Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.
    • Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk terbaru dan tercanggih.
    • Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
    Threat (Ancaman)
    • Adanya ketergantungan produk-produk lokal pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus
    • Kekuatan merek lain yang lebih dahulu mengusai pasar
    • Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain
    • Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus
    • Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap Negara
    • Terjadinya krisis financial menyebabkan turunnya daya beli masyarakat
    • Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.

    BalasHapus
  25. semester VII
    NAMA : JULIANTI ( 085310038 )
    AGUS ( 075310072 )

    Analisis SWOT Perusahaan NOKIA

    Strength (kekuatan)
    • memiliki brand-image yang melekat di masyarakat
    • Desain produk-produk Nokia sangat baik dan diunggulkan.
    • Nokia merupakan supplier high-end mobile handsets.
    • Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
    • Nokia senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
    • Nokia menawarkan produk-produk yang berkualitas


    Weakness (Kelemahan)
    • Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Nokia kepada para pesaingnya.
    • Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
    • Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda
    • Untuk beberapa versi Handphone yang di ciptakan, masih banyak kesalahan di bagian software dan komponen handphone


    Opportunity (Kesempatan)
    • Produk-produk yang ditawarkan Nokia merupakan produk teknologi terkini, yang sangat di cari orang baik dari segi design maupun applikasi yang ada
    • Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
    • Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
    • Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.


    Threat (Ancaman)
    • Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain
    • Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus
    • Terjadinya krisis financial menyebabkan turunnya daya beli masyarakat
    • Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.

    BalasHapus
  26. semestr VII
    NAMA : JULIANTI ( 085310038 )
    AGUS ( 075310072 )


    Perbandingan antara Samsung dan Nokia

    Strength (kekuatan)
    • Fitur dalam Menu Nokia lebih gampang dibandingkan dengan Samsung
    • Harga jual kembali Nokia lebih tinggi dari pada Samsung
    • Teknologi Nokia selalu menggunakan terlebih teknologi yang muktahir dibandingkan dengan Samsung
    • Aplikasi Nokia lebih banyak di bandingkan Samsung( yang dapat di download di Internet )
    • Kemudahan untuk mendownload, menginstal Aplikasi tambahan pada HP Nokia sedangkan untuk HP Samsung lebih sulit


    Weakness (Kelemahan)
    • Fitur Nokia terlalu banyak, ada beberapa model yang bias hank.Sedangkan Samsung lebih cenderung menggunakan teknologi yang berbasis sederhana maka ponsel Samsung lebih cenderung stabil.
    • Pada produk – produk Nokia sering terdapat ketidaksempurnaan yang dikarenakan rendahnya Quality Control akibat permintaan pasar yang meningkat sehingga Nokia harus dengan cepat memproduksi ponsel Nokia secara missal sehingga timbul beberapa produk yang kurang sempurna. Sedangkan karena peminat ponsel Samsung tidak sebanyak Nokia maka Samsung mampu menjaga Quality Controlnya
    • Karena banyaknya pengguna HP Nokia maka banyak Hacker yang membuat dan menyebarkan Virus-virus untuk HP Nokia sedangkan jarang terdapat atau ditemukan virus-virus untuk HP Samsung.



    Opportunity (Kesempatan)
    • Kesempatan Nokia untuk terus menguasai pasar karena masyarakat Indonesia lebih suka untuk menggunakan Hp Nokia, Nokia terus berinovasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang menyukai kemudahan mengakses menu ataupun fitur yang digunakan dalam ponsel Nokia sedangkan kesempatan Samsung untuk mengisi pasar- pasar di Indonesia yang tidak suka pada ponsel Nokia dengan mengeluarkan fitur-fitur yang unik maupun bentuk- bentuk ponsel yang unik sehingga dapat menarik para pengguna ponsel
    • Ponsel Nokia berkesempatan untuk tetap menguasai pasar karena banyaknya masyarakat yang telah mengenal Merk Nokia dan mereka sudah suka menggunakan Hp Nokia, sedangkan Samsung sendiri memiliki peminat yang suka pada fitur- fitur dan model- model unik da khas yang diterapkan oleh Samsung seperti: keyboard tone yang unik dari Samsung dan Model Flip yang digunakan pada ponsel-ponsel keluaran Samsung.


    Threat (Ancaman)
    • Ancaman dari pesaing baru dari perusahaan RIM ( Research In Motion ) yang pertam,a mengenalkan Tipe ponsel Blackbery yang menggunakan teknologi QWERY kepad yang disukai oleh masyarakat Indonesia dan juga terdapat Aplikasi Jejaring Sosial yang hanya ada pada HP yang dikeluarkan oleh pihak RIM yaitu BBM ( Blackberry Messenger ). Sehingga menyebabkan Nokia sekarang tidak lagi emnguasai pasaran ponsel di Indonesia dan mengurangi jumlah peminat ponsel Nokia secara drastic sedangkan pada pihak Samsung akan lebih sulit lagi karena pada dasarnya peminat Samsung lebih sedikit dibandingkan Nokia.

    Kesimpulan
    Ponsel Nokia lebih dahulu menguasai pasaran di Indonesia di bandingkan Samsung karena kemudahan mengakses menu dan fitur yang ditawarkan dari ponsel – ponsel keluaran Nokia, juga harga yang lebih murah dibandingkan Samsung, harga jual kebali yang tinggi pada handphone Nokia, banyaknya Aplikasi- aplikasi tambahan yang komplit untuk HP Nokia, sehingga secara keseluruhan Nokia lebih Unggul dibandingkan Samsung.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Part III

    Analisis SWOT pada The Coffee Bean & Tea Leaf
    Kekuatan
    * Perekrutan, pelatihan dan program pengenalan
    The Coffee Bean & Tea Leaf telah membentuk kantor regional di Singapura untuk memberikan pelatihan dan
    perekrutan dukungan untuk wilayah tersebut. Pemilik sebelumnya tidak memberikan bantuan dalam perekrutan kunci
    manajer. Mereka direkrut dengan bantuan dari konsultan lokal.
    Kemudian masing-masing outlet The Coffee Bean & Tea Leaf dapat memimpin dan mengendalikan oleh manajer yang cukup cocok dan memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang wilayah tersebut. Lalu mereka selalu memiliki kemampuan terbesar untuk menemukan strategi beradaptasi yang cocok. Sebagai tambahan, pelatihan khusus diberikan kepada staf agar lebih maju dalam ucapan dan membantu pelanggan.
    * Strategi Pemasaran Perusahaan
    Adaptasi juga diterapkan pada penawaran produk oleh Coffee Bean & Tea Leaf. Di negara asalnya The Coffee Bean & Tea Leaf memiliki jangkauan terbatas makanan dan minuman di gerai mereka. Namun, The Coffee Bean & Tea Leaf telah mencakup kisaran yang lebih luas makanan panas di Asia Asia perlu memiliki makanan dengan kopi mereka

    Kelemahan
    * The Coffee Bean & Tea Leaf menargetkan para kaum muda, yang remaja dan orang dewasa bekerja di usia dua puluhan.
    Hal ini menjadi kelemahan bagi perusahaan. The Coffee Bean dan Tea Leaf menyejajarkan diri dengan merek utama lainnya yang menargetkan pasar remaja. Ini dapat mengakibatkan kehilangan beberapa hal pasar yang potensial. Sebagai contoh, posisi adalah DOME "mahal dan eksklusif" sebagai target pasarnya adalah profesional, manajer, eksekutif dan pengusaha (PEMBs). Tapi The Coffee Bean & Tea Leaf target pasar adalah kaum muda dan yang tidak memiliki konsumsi daya yang kuat.

    BalasHapus
  30. Part IV
    Peluang
    Orang dewasa juga menikmati fakta bahwa untuk harga relatif sederhana cangkir kopi dan makanan ringan, mereka dapat bertemu dengan teman-teman mereka, santai atau kerja. Daripada pergi ke bar dan membayar untuk minum alkohol atau restoran dimana biasanya datang dengan harga yang lumayan, kedai kopi adalah lokasi tepat dan murah.

    Ancaman
    Pasar kopi global adalah sektor yang sangat kompetitif. The Coffee Bean & Tea Leaf harus bersaing dengan orang seperti restoran seperti McDonald, Kentucky Fried Chicken (KFC) dan kedai kopi seperti Starbucks, Dome dan Old Town Café. Sebuah pesaing utama dengan substansial lebih besar pemasaran keuangan, dan sumber daya operasi daripada The Coffee Bean & Tea Leaf bisa masuk pasar ini setiap saat dan berkompetisi secara langsung terhadap perusahaan. Selain produsen kopi termasuk Starbucks Corporation, The Proctor & Gamble Company, dan Nestle USA, Inc mendistribusikan produk premium kopi nasional di supermarket dan toko-toko. Banyak dari produk tersebut mungkin akan pengganti kopi The Coffee Bean & Tea Leaf 'dan minum kopi. Jadi The Coffee Bean & Tea Leaf harus menyadari persaingan di semua tingkatan dan mempertahankan kinerja operasional jika ingin mempertahankan statusnya sebagai pengecer kopi terkemuka di dunia khusus.

    BalasHapus
  31. Part V
    Perbandingan :
    - Kelebihan starbucks dibanding coffeeshop yg lain adalah di starbucks dilarang merokok
    - Starbucks adalah standarisasi mereka. Contoh yang Penulis perlihatkan adalah warna dari cup tadi. Cup itu sesuai dengan suasana yang akan datang yaitu suasana Natal. Jadi sampai cara penyajian minuman itu mendapat perhatian yang khusus. Tidak hanya produknya yang harus mendapatkan perhatian khusus, tetapi juga cara menyajikannya. Starbuck berhasil membuat orang untuk benar-benar menikmati kopi, teh, atau hidangan lainnya. Starbucks berhasil membuat nyaman orang-orang yang membutuhkan tempat kerja yang lebih santai, bahkan banyak orang menjadikan Starbucks sebagai kantor yang kedua.
    - Kesamaan lain dengan Starbucks adalah Coffee Bean secara aktif terlibat dengan membantu masyarakat dan membuat misi mereka untuk mengembangkan program-program berbasis komunitas paling lengkap sekitar. As well as donating gift baskets, gift certificates, coupons, coffees and teas, Coffee Bean will gladly consider a donation to any organisation for various charitable events that directly benefit local community programs and local schools. Serta menyumbangkan keranjang hadiah, sertifikat hadiah, kupon, kopi dan teh, Coffee Bean dengan senang hati akan mempertimbangkan sumbangan kepada organisasi untuk acara amal berbagai manfaat langsung program masyarakat lokal dan sekolah-sekolah setempat. Due to the phenomenal growth of the international coffee market, Coffee Bean has decided to solely concentrate on international franchises at the moment. Karena pertumbuhan fenomenal pasar kopi internasional, Coffee Bean telah memutuskan untuk hanya berkonsentrasi pada waralaba internasional pada saat ini. Unlike Starbucks, who have a target mass market being the United States, most of the Coffee Bean outlets are in Asia (Malaysia, Singapore, Brunei, Taiwan etc.) ” Tidak seperti Starbucks, yang memiliki massa menjadi target pasar Amerika Serikat, sebagian besar outlet Coffee Bean berada di Asia (Malaysia, Singapura, Brunei, Taiwan dll)

    Kesimpulan :
    Starbucks harus belajar dari kekurangannya dan juga jeli melihat pergerakan kompetitornya The Coffee Bean agar starbucks tetap menjadi positioning utama dalam kepala konsumen di bidang kopi. Masalah utama yang menjadi penghambat Starbucks bergerak lebih luas adalah harga yang kurang terjangkau untuk mayoritas masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Starbucks perlu mengadakan promosi untuk beberapa minuman kopi baru dengan harga yang terjangkau, sebagai contoh paket mini latte with butter croissant dengan harga Rp. 20.000. Disamping Starbucks tetap mempertahankan produk minuman yang telah ada, starbucks harus tetap mempertahankan image nya sebagai minuman kopi yang berkualitas. Selain itu Starbucks juga perlu meningkatkan fasilitas dalam hal WiFi, semua gerai Starbucks harus menyediakan free Wifi tanpa konsumen harus membeli voucher.

    BalasHapus
  32. Nama : Dedy Setiadi
    NIM : 075310009
    Jurusan : S1 Manajemen

    Analisa SWOT telepon gengam elektronik antara Nokia dengan Blackberry

    Analisa SWOT ( Nokia )
    1. Strengh Kelebihan dari produk Handphone dengan merek Nokia ini terletak pada harga secondary marketnya, karena harga secondary market dapat lebih bersaing jika dibandingkan dengan merek hanphone yang lain Mis: Samsung ataupun Sonny Ericson. Selain itu sparepart dari hanphone Nokia lebih gampang kita temukan dipasaran tanpa harus mengorder terlebih dahulu sehingga konsumen tidak merasa kesulitan untuk mendapatkan sparepart tersebut. Seperti : Chager, Handsfree DLL.





    2. Weakness Kelemahan dari produk handphone nokia adalah batterai yang cepat usang dibandingkan dengan merek lain. Biasanya usia batterai nokia bisa bertahan + selama 1 tahun dan jika terlalu sering digunakan ataupun di chagger maka baterai Nokia akan terlihat mengembung pada bagian tengahnya dan menandakan batterai tersebut sudah usang / rusak.




    3. Opportunity Keadaan perekonomian yang semakin membaik akan meningkatkan daya beli masyarakat karena ada beberapa tipe Nokia yang harganya masih dapat dijangkau oleh masyarakat menegah kebawah seperti Tipe 1280 dapat dibeli dengan harga Rp. 250.000,- sehingga untuk kedepannya produk telepon gengam dengan merek Nokia masih dapat berkembang lebih luas lagi karena mengingat sekarang handphone bukan merupakan barang elite sehingga peluang untuk melakukan ekspansi usaha tetap terbuka






    4. Threat / Competitor Persaingan antara usaha sejenis tidak dapat dihindari namun mengingat produk Nokia merupakan produk handphone yang sudah lama berkecimpung dipasaran baik di lokal maupun luar negi menjadikan handphone dengan merek Nokia tetap diburu oleh para pelanggannya.



    Analisa SWOT ( Blackberry )

    1. Strengh Salah satu kelebihan dari produk telepon seluler dengan merek Blackberry terletak pada Blackberry Messengernya ( BBM ) dimana cara kerja fitur ini adalah kita dapat berkomunikasi secara tertulis dan berbagi gambar, lagu kepada sesama pengguna Blackberry dimana saja dan kapan saja. Software tersebut tidak dimiliki oleh merek Handphone lain sehingga menjadikan Blackberry mempunyai segmentasi pasar yang lebih luas baik dikalangan pelajar untuk saling berdiskusi maupun bagi kalangan pengusaha untuk saling bertukar informasi.




    2. Weakness Kelemahan dari produk ini adalah terletak pada daya tahan batterai yang cepat berkurang, hal tersebut terjadi dikarenakan Handphone terus melakukan searching sinyal secara berkesinambungan karena adanya fitur Blackberry messenger dan sejenisnya seperti Yahoo Mesengger , MSN sehingga mengakibatkan daya tahan batterai cepat berkurang. Namun kelemahan tersebut sudah dapat teratasi oleh pihak Blackberry dengan memproduksi chager portable dimana pengisian batterai tetap dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus terhubung pada arus listrik pada saat digunakan.







    3. Opportunity Hingga saat ini perusahaan Blackberry terus melakukan penyempurnaan terhadap produk – produknya dimana ada tipe keluaran terbaru yaitu Blackberry Onyx yang telak di updrage lebih sempurna dibanding keluaran sebelumnya yaitu Blackberry Javelin dimana salah satunya perubahan terletak pada kursor gesernya yang sebelumnya menggunakan trackball menjadi trackpad sehingga kesempatan untuk melakukan ekspansi usaha tetap terbuka.





    4. Threat / Competitor Persaingan antara sesama merek handphone tetap ada namun mengingat kelebihan dari produk handphone Blackberry terletak pada Blackberry messengernya yang tidak dimiliki oleh handphone lain sehingga menjadikan nilai tambah bagi perusahaan Blackberry dan persaingan dapat diminimalisir.

    BalasHapus
  33. Nama : Dedy Setiadi
    NIM : 075310009
    Jurusan : S1 Manajemen

    Analisa SWOT telepon gengam elektronik antara Nokia dengan Blackberry

    Analisa SWOT ( Nokia )
    1. Strengh Kelebihan dari produk Handphone dengan merek Nokia ini terletak pada harga secondary marketnya, karena harga secondary market dapat lebih bersaing jika dibandingkan dengan merek hanphone yang lain Mis: Samsung ataupun Sonny Ericson. Selain itu sparepart dari hanphone Nokia lebih gampang kita temukan dipasaran tanpa harus mengorder terlebih dahulu sehingga konsumen tidak merasa kesulitan untuk mendapatkan sparepart tersebut. Seperti : Chager, Handsfree DLL.

    2. Weakness Kelemahan dari produk handphone nokia adalah batterai yang cepat usang dibandingkan dengan merek lain. Biasanya usia batterai nokia bisa bertahan + selama 1 tahun dan jika terlalu sering digunakan ataupun di chagger maka baterai Nokia akan terlihat mengembung pada bagian tengahnya dan menandakan batterai tersebut sudah usang / rusak.

    3. Opportunity Keadaan perekonomian yang semakin membaik akan meningkatkan daya beli masyarakat karena ada beberapa tipe Nokia yang harganya masih dapat dijangkau oleh masyarakat menegah kebawah seperti Tipe 1280 dapat dibeli dengan harga Rp. 250.000,- sehingga untuk kedepannya produk telepon gengam dengan merek Nokia masih dapat berkembang lebih luas lagi karena mengingat sekarang handphone bukan merupakan barang elite sehingga peluang untuk melakukan ekspansi usaha tetap terbuka

    4. Threat / Competitor Persaingan antara usaha sejenis tidak dapat dihindari namun mengingat produk Nokia merupakan produk handphone yang sudah lama berkecimpung dipasaran baik di lokal maupun luar negi menjadikan handphone dengan merek Nokia tetap diburu oleh para pelanggannya.



    Analisa SWOT ( Blackberry )

    1. Strengh Salah satu kelebihan dari produk telepon seluler dengan merek Blackberry terletak pada Blackberry Messengernya ( BBM ) dimana cara kerja fitur ini adalah kita dapat berkomunikasi secara tertulis dan berbagi gambar, lagu kepada sesama pengguna Blackberry dimana saja dan kapan saja. Software tersebut tidak dimiliki oleh merek Handphone lain sehingga menjadikan Blackberry mempunyai segmentasi pasar yang luas.


    2. Weakness Kelemahan dari produk ini adalah terletak pada daya tahan batterai yang cepat berkurang, hal tersebut terjadi dikarenakan Handphone terus melakukan searching sinyal secara berkesinambungan karena adanya fitur Blackberry messenger dan sejenisnya seperti Yahoo Mesengger , MSN sehingga mengakibatkan daya tahan batterai cepat berkurang. Namun kelemahan tersebut sudah dapat teratasi oleh pihak Blackberry dengan memproduksi chager portable dimana pengisian batterai tetap dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus terhubung pada arus listrik pada saat digunakan.




    3. Opportunity Hingga saat ini perusahaan Blackberry terus melakukan penyempurnaan terhadap produk – produknya dimana ada tipe keluaran terbaru yaitu Blackberry Onyx yang telak di updrage lebih sempurna dibanding keluaran sebelumnya yaitu Blackberry Javelin dimana salah satunya perubahan terletak pada kursor gesernya yang sebelumnya menggunakan trackball menjadi trackpad sehingga kesempatan untuk melakukan ekspansi usaha tetap terbuka.

    4. Threat / Competitor Persaingan antara sesama merek handphone tetap ada namun mengingat kelebihan dari produk handphone Blackberry terletak pada Blackberry messengernya yang tidak dimiliki oleh handphone lain sehingga menjadikan nilai tambah bagi perusahaan Blackberry dan persaingan dapat diminimalisir.

    BalasHapus
  34. Analisis swot produk Toyota dan Nissan
    Oleh : Hendra (075310023)
    Hartanto (075310073)

    A. Analisis swot Toyota

    Strenght (kekuatan)

    1) Pengembangan konsep Produk Inovatif dengan melakukan pengembangan produk untuk mencapai customer satisfaction, sebagai contoh : Toyota Avanza 1,5 1500cc merupakan produk inovatif dari Toyota Avanza 1,3 1300cc. Sedangkan Produk Kreatif dengan melakukan terobosan baru terhadap pasar, sebagai contoh : Toyota Rush yang merupakan produk yang diharapkan dapat menembus pangsa pasar SUV domestik.

    2) Brand Image yang sangat kuat di benak konsumen. Dengan Merk Toyota memberikan keyakinan kepada konsumen akan kualitas.

    3) Harga yang terjangkau untuk kelas SUV dibandingkan dengan kompetitor yang ada di pasar domestik.

    4) Dengan diluncurkannya produk Toyota Rush di pangsa pasar SUV ini, menimbulkan nilai tambah bagi toyota itu sendiri. Dengan kata lain, Toyota menyediakan produk-produk yang berkualitas dengan interval harga yang dapat mencakup hampir semua segmen daya beli konsumen untuk pasar domestik.

    5) Penggunaan komponen lokal sekitar 72%, dari ASEAN 9%, dan dari Jepang 19%.untuk Rush dan Terios.

    6) Penerapan sistem distribusi yang baru dengan pendekatan Just in Time menjadikanToyota merupakan manufaktur otomotif yang tidak memiliki warehouse produk jadi. Hal ini yang menjadikan keunggulan produk Toyota yang lebih murah dari kompetitornya.

    7) Penerapan strategi 3W : Winning Team untuk melaksanakan Winning Concept dengan Winning System dinilai sangat ampuh untuk menciptakan kompetitive advantage perusahaan.

    Weakness (kelemahan)

    1) Perbedaan persepsi antara pasar domestik dengan pasar internasional tentang kelas produk Toyota Rush. Pihak Toyota sendiri mengklaim bahwa Toyota Rush ditempatkan pada kelas Mid-Class SUV. Sedangkan kriteria kapasitas cc kelas Mid-Class SUV sendiri adalah 1500cc

    2) Sistem Indent yang mengecewakan konsumen. Kadang-kadang konsumen membatalkan proses pemesanan karena kecewa akan janji yang diberikan oleh pihak dealer Toyota.

    BalasHapus
  35. Opportunities (Peluang)

    1) Adanya kejenuhan konsumen otomotif domestik terhadap jenis kendaraan MPV, sehingga angka penjualan SUV terus meningkat.

    Threat (Ancaman)

    1) Persaingan yang semakin kompetitif pada pasar otomotif domestik dengan inovasi-inovasi produk yang dilakukan oleh kompetitor.

    2) Sistem birokrasi yang dianggap menyulitkan iklim investasi khususnya otomotif mengakibatkan terciptanya sistem biaya tinggi.

    3) Tingkat suku bunga yang tinggi di Indonesia.

    4) Daya beli masyarakat Indonesia yang menurun.


    B. analisis swot Nissan

    Strengh / Kekuatan:

    1) Merek Global: - Menurut Week bisnis Merek Global Scorecard Nissan adalah merek otomotif paling cepat berkembang. ekuitas merek Nissan adalah senilai $ 3.108 juta pada tahun 2006.. Beberapa model mobil perusahaan penumpang termasuk Maxima, Sentra, Altima, Versa, Z Roadstar dan Z Coupe. kekuatan Merek menyediakan keunggulan kompetitif yang dapat mengimbangi meningkatnya persaingan. Selama lima tahun terakhir perusahaan telah membangun merek global dengan memfokuskan pada merek piramida dan dinamika yang melayani desain halus, pengalaman hidup, interaksi antara ketenangan dan kenikmatan mengemudi telah mencapai tingkat yang tinggi keselarasan dan konsistensi. Itu membuat lebih mudah untuk berkomunikasi tentang merek dan fitur spesifik modelnya.

    2) Posisi Keuangan Global: - Salah satu kekuatan kunci Nissan Global Posisi Keuangan. - Lima tahun ikhtisar keuangan adalah sebagai berikut (angka dalam Jutaan Rp): -


    Source: Nissan annual report 2005-06 Sumber: laporan tahunan 2005-06 Nissan

    . Dari tabel ini kita dapat menganalisis posisi keuangan Nissan di 3 bidang utama - profitabilitas, solvabilitas dan likuiditas. Return on Asset (ROA) adalah indikator utama dari profitabilitas dan dengan demikian, posisi keuangan secara keseluruhan dan manajemen. Sejak tahun 2000, Nissan memiliki ROA sebesar 5% yang cukup besar untuk sebuah perusahaan seperti ukuran besar. Selain itu, Nissan telah memiliki Jangka Panjang / Aktiva Rasio Kewajiban antara 0,19 dan 0,22. Ini adalah tokoh yang sangat baik dan menunjukkan bahwa Nissan akan mampu menahan kondisi ekonomi yang sulit.

    Salah satu indikator akhir dari posisi keuangan yang kuat yang dimiliki oleh Nissan adalah pertumbuhan secara keseluruhan. Dari FY02 untuk FY06 inklusif, Nissan mengalami tahunan rata-rata pertumbuhan pendapatan 13,8%, 11,33% pertumbuhan laba bersih dan 15,62% pertumbuhan aktiva. Angka-angka ini sangat mendukung argumen bahwa Nissan global berada dalam posisi keuangan yang kuat dan akan mampu menyediakan Nissan Eropa dengan dukungan untuk bersaing di pasar Eropa jenuh.

    3) Renault-Nissan Alliance: - Aliansi telah memberikan keuntungan kedua perusahaan. Mereka bisa pindah ke pasar baru lebih cepat dan dengan biaya lebih rendah karena mereka tidak harus membangun pabrik baru. (Renault membangun mobil di pabrik Nissan Meksiko dan Nissan menggunakan Renault tanaman Brazil dan jaringan distribusi) Perusahaan bekerjasama untuk membangun platform umum, komponen dan mesin, dan masing-masing perusahaan menyebabkan desain mesin di daerah mereka keahlian - Renault di diesel dan Nissan di bensin. Dan mereka telah meningkat beli kekuasaan karena mereka membeli komponen untuk enam juta mobil bukan tiga sebagaimana yang akan dalam kasus Nissan sendiri. Aliansi sejauh ini telah mendorong profitabilitas, kapitalisasi pasar dan penjualan di 192 negara untuk kedua pasangan. CEO dan presiden Renault untuk judul pada tahun 2005, mengatakan dia akan mengandalkan kekuatan dari dua kekuatan kerja yang berbeda: inovasi Perancis pada tahap konsep dan dedikasi Jepang untuk proses di manufaktur.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Weakness / Kelemahan:

    1) Ketergantungan pada pasar luar negeri: - Nissan memproduksi total 3.378.000 unit secara global di FY2004. 1.482.000 juta unit dari mereka dibuat di rumah dan 1.896.000 unit di luar negeri. Nissan memproduksi kendaraan yang lebih di luar negeri daripada di rumah Semakin tergantung pada produksi luar negeri yang menunjukkan langkah mereka globalisasi. Nissan ketergantungan luar negeri laba operasi yang lebih dari 50% yang menunjukkan mereka berada di jalur cepat globalisasi.

    Resiko utama meningkatkan ketergantungan pada pasar lainnya adalah risiko yang terkait dengan negeri dalam operasi, transaksi keuangan, dan kebijakan pemerintah. FY05-06 menunjukkan saham lainnya mancanegara sebagai 10,6 terhadap 4,7 di FY03-04 yang mengimbangi pendapatan dari Jepang dengan 5%, sedangkan proporsi lain dari total pendapatan tetap sama.


    2) Produk Inovasi waktu lag; - Nissan meluncurkan dua kendaraan baru atau didesain ulang, dibandingkan dengan 14 pada tiga tahun sebelumnya. Nissan telah salah menilai strategi model di Amerika Serikat selama beberapa tahun terakhir. Seperti pembuat mobil Jepang lainnya, perusahaan-relatif terlambat pendatang untuk volume tinggi di negara ini tinggi profit margin dan pasar pick-up. Catatan akhir Nissan berarti bahwa ia telah menderita dari penurunan di sektor tersebut sebagai akibat kenaikan harga bahan bakar di Amerika Serikat, Sementara Toyota dan Nissan telah ditempatkan dengan baik untuk mendapatkan keuntungan dari pergeseran dalam penekanan di pasar AS terhadap penjualan kompak sebagai hasil Scion dan masing-masing model Civic, Nissan saat ini tidak memiliki penawaran yang kompetitif di segmen ini. Namun, ada sejumlah model baru yang harus menghidupkan kembali kekayaan perusahaan di Amerika Serikat, termasuk Sentra dan Altima mid-size sedan, serta mewah-merek sedan Infiniti G35. Perusahaan juga sangat membutuhkan penawaran baru di segmen utama di pasar Eropa. Almera C-segmen hatchback dan sedan Primera D-segmen yang putus asa usang dan diabaikan oleh pembeli Eropa, meskipun Catatan baru kecil multi-tujuan kendaraan (MPV) harus menyediakan Nissan dengan keberhasilan penjualan di Eropa.

    3) Kurangnya Teknologi Diesel: - Di pasar Jepang, account diesel hanya 0,4% kendaraan bermotor yang dijual (Rowley, 2006). Sebaliknya, diesel sangat populer dan berbagi dalam penjualan secara keseluruhan telah meningkatPada tahun yang berakhir pada 1 Januari 2006 jumlah mobil diesel dijual meningkat sebesar 7,5%. Beberapa analis percaya bahwa pasar diesel akan menyumbang lebih dari 80% dari total penjualan kendaraan di Eropa pada akhir 2008. Diesel teknologi telah meningkatkan secara signifikan dalam dekade terakhir mengurangi emisi, konsumsi bahan bakar dan biaya. Sebagai negara asal Nissan memiliki permintaan rendah untuk mesin diesel, Nissan kekurangan teknologi dan pengalaman untuk menghasilkan mesin diesel kualitas komparatif.

    BalasHapus
  38. Opportunity / Kesempatan


    1) Asia pasar:-Lower penetrasi ditambah dengan kenaikan kuat di tingkat pendapatan, menyebabkan melompat terus menerus dalam penjualan mobil di pasar seperti China dan India.
    Bahkan di cina, diikuti oleh India diperkirakan pertumbuhan pendorong utama dalam dekade berikutnya. Oleh karena itu perlu bagi pemain global untuk hadir di negara-negara. Oleh karena itu semua pemain global yang baik memiliki produk untuk pasar-pasar atau berencana untuk mengembangkan produk untuk masuk ke pasar tersebut Di India pada tahun 2004-05 penjualan domestik kendaraan mobil dan utility telah menyeberangi tanda 1 juta.

    2) Relokasi unit manufaktur untuk mengurangi biaya: - Pembuat mobil Jepang telah meningkatkan kebijakan mereka memproduksi di mana ada permintaan. membuat mobil merupakan industri yang terletak di garis depan dari globalisasi dan pemain utama adalah percepatan kegiatan lintas perbatasan mereka. unit Manufaktur di Amerika dan Eropa memiliki kapasitas besar sejalan dengan output mobil luas negeri mereka. Sementara ini mereka menawarkan manfaat skala, pertumbuhan lamban yang berkesinambungan di pasar lokal mereka dan meningkatkan inflasi mereka di biaya produksi, terutama biaya upah.. Adopsi mengukur pengurangan biaya menjadi penting bagi pemain untuk bertahan hidup. Cina, India dan Thailand telah dianggap sebagai dasar Biaya Produksi Rendah dengan penawaran unik mereka ke agen outsourcing. negara biaya rendah akan memberikan mereka klien global dan teknologi dan juga memiliki operasi sinergis. Luas kesempatan untuk India terletak pada produk yang memiliki tingkat tinggi persyaratan desain dan rekayasa, rendahnya tingkat otomatisasi dan kebutuhan perakitan signifikan.

    3) Renault-Nissan Purchasing Organization (RNPO): - The RNPO, yang didirikan pada tahun 2001 dalam tahap awal aliansi, adalah salah satu cara utama di mana Renault-Nissan akan menggabungkan sumber daya mereka untuk menciptakan organisasi yang lebih efisien.. Saat ini Nissan dan Renault pangsa 60% dari bagian yang sama dan pemasok bahan baku. Hal ini menyebabkan Nissan untuk mencapai daya beli lebih besar dan telah melayani untuk mengurangi biaya dan mengurangi daya tawar pemasok. Masih ada peluang signifikan melalui RNPO untuk menurunkan biaya dan memberikan keunggulan kompetitif meningkat.


    Threats / Ancaman

    1) Cross-Budaya Ketidakharmonisan: - Sebagai Nissan dan Renault menjadi lebih terintegrasi satu sama lain, risiko meningkat ketidakharmonisan lintas budaya. Jika ketidakharmonisan terjadi kemudian, seperti yang terjadi di DaimlerChrysler, kinerja perusahaan secara keseluruhan dapat dikurangi, dan kekuatan saat ini bahwa Aliansi menyediakan dapat menjadi ketidakstabilan. Nissan saat ini sedang bekerja untuk mengurangi kemungkinan melalui program 'Business Way' tetapi budaya perusahaan dan nasional membutuhkan waktu yang lama untuk berubah.

    2) Rising Harga Komoditi: - Karena ekspansi ekonomi Cina, perubahan harga komoditas dapat mempengaruhi biaya yang dikeluarkan oleh Nissan. Selama bulan terakhir 12, harga baja yang digunakan dalam produksi mobil meningkat hampir 30% (London Metal Exchange, 2006). Nissan telah mengambil langkah untuk mengurangi pengaruh kenaikan harga baja, tahun 2000, Nissan mulai menggunakan dip baja lapis seng panas, dan dikonversi menjadi baja mahal kurang pada tahun 2002, yang menyelamatkan sekitar $ 16.000.000 per tahun (Nissan Motor Co, 2004). Namun ini, telah berbuat banyak untuk mengurangi tekanan ke atas pada biaya kendaraan dan harga. Karena ini peningkatan biaya telah diserahkan kepada konsumen, permintaan kendaraan baru telah berkurang. This threatens Nissan's viability in the region. Hal ini mengancam kelangsungan hidup Nissan di wilayah tersebut.

    BalasHapus
  39. 3) Pasar jenuh: - Dengan keseluruhan jumlah penjualan industri stagnan, jika tidak menurun dalam ekonomi kunci panjang, industri otomotif secara keseluruhan telah berdampak secara signifikan Karena kejenuhan pasar secara keseluruhan, perusahaan baru produk strategi pengembangan individu terhadap perluasan pasar berubah dari tahun berulang pada perubahan model tahun untuk inovasi drastisMunculnya pasar SUV tahun yang lalu adalah sebuah bukti bagaimana produk dan inovasi pasar telah mengubah komposisi sangat pasar mobil AS.


    Perbandingan antara Toyota dengan Nissan

    Strength :
    1. Toyota lebih inovatif dalam mengembangkan produknya dan merek, sedangkan Nissan lebih unggul dalam merek dan keuangan perusahaan.
    2. Toyota lebih mencondongkan produk yang mudah diterima dipasar melalui harga dan kualitas yang baik, sedangkan Nissan menyesuaikan kualitas mesin dengan dimana produk mobilnya akan dipasarkan.



    Weakness :
    Toyota memiliki system indent yang terlalu lama dan belum mampu memuaskan pelanggannya sehingga banyak pelanggan yang kecewa dan membatalkan pemesanan. Sedangkan Nissan beresiko dalam memasarkan produknya dinegara terkait karena tergantung kepada risiko yang terkait dengan negeri dalam operasi, transaksi keuangan, dan kebijakan pemerintah, serta memiliki teknologi yang kurang baik pada mesin.

    Opportunity :
    Toyota memiliki kesempatan penjualan yang terus meningkat karena banyaknya jenis produk yang diluncurkan, dimana harga dan kualitas tetap dijaga agar mudah diterima dipasaran. Sedangkan Nissan dengan mengandalkan kekuatan kerjasama perusahaan Renault sehingga lebih global dalam memasarkan produknya dan memperoleh keuntungan pasar dari Negara global.

    Threats :
    Toyota mengalami persaingan semakin ketat dalam inovasinya terutama terhadap produk domestic serta adanya daya beli yang menurun. Sedangkan Nissan memiliki kelemahan dalam ketidakharmonisan budaya karena adanya kerjasama yang terlalu luas serta harga yang bergantung kepada komoditi di china.


    Kesimpulan :
    Toyota akan lebih laris dipasaran karena adanya inovasi yang unggul serta harga yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga produk Toyota lebih dikenal oleh konsumen,selain itu, Toyota juga memberikan kualitas yang dapat dipilih dan disesuaikan oleh konsumen melalui inovasi dari mobilnya yang beragam dari pada mobil yang diluncurkan oleh Nissan.

    BalasHapus
  40. Tugas semester VII
    NAMA : sulastri
    NIM : 075310116

    part I

    ANALISIS SWOT DALAM PERUSAHAAN SAMSUNG


    Strength (kekuatan)
    1. Samsung memiliki brand-image yang melekat di masyarakat.
    2. Samsung telah memprakarsai Era Digital.
    3. Samsung menawarkan produk-produk yang berkualitas
    4. Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
    5. Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
    6. Desain produk-produk Samsung sangat baik dan diunggulkan.
    7. Harga produk-produk Samsung bervariasi dan rata-rata terjangkau
    8. Adanya diversifikasi produk
    9. Samsung merupakan supplier high-end mobile handsets.
    10. Samsung merupakan pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara produk Samsung, termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.

    Weakness (Kelemahan)
    1. Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda
    2. Budaya korporasi Korea yang tidak fleksibel.
    3. Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
    4. Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Samsung kepada para pesaingnya.
    5. Samsung belum memiliki banyak pengalaman pada Televisi berteknologi tinggi
    pada segmen tersebut.
    6. Samsung tidak memiliki strategi marketing, masalah penyebaran produk akan
    meningkat



    Opportunity (Kesempatan)
    1. Produk-produk yang ditawarkan Samsung merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu dicari.
    2. Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
    3. Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
    4. Pengaruh globalisasi yang mendorong pemasaran barang elektronik yang tiada batas.
    5. Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.

    Threat (Ancaman)
    1. Adanya ketergantungan produk-produk lokal pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus
    2. Kekuatan merek lain yang lebih dahulu mengusai pasar
    3. Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain
    4. Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus
    5. Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap negara
    6. Terjadinya krisis financial menyebabkan turunnya daya beli masyarakat
    7. Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.

    BalasHapus
  41. Tugas semester VII
    NAMA : sulastri
    NIM : 075310116

    part I

    ANALISIS SWOT DALAM PERUSAHAAN SAMSUNG


    Strength (kekuatan)
    1. Samsung memiliki brand-image yang melekat di masyarakat.
    2. Samsung telah memprakarsai Era Digital.
    3. Samsung menawarkan produk-produk yang berkualitas
    4. Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
    5. Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
    6. Desain produk-produk Samsung sangat baik dan diunggulkan.
    7. Harga produk-produk Samsung bervariasi dan rata-rata terjangkau
    8. Adanya diversifikasi produk
    9. Samsung merupakan supplier high-end mobile handsets.
    10. Samsung merupakan pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara produk Samsung, termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.

    Weakness (Kelemahan)
    1. Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda
    2. Budaya korporasi Korea yang tidak fleksibel.
    3. Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
    4. Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Samsung kepada para pesaingnya.
    5. Samsung belum memiliki banyak pengalaman pada Televisi berteknologi tinggi
    pada segmen tersebut.
    6. Samsung tidak memiliki strategi marketing, masalah penyebaran produk akan
    meningkat

    BalasHapus
  42. Tugas semester VII
    NAMA : sulastri
    NIM : 075310116

    part II

    Opportunity (Kesempatan)
    1. Produk-produk yang ditawarkan Samsung merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu dicari.
    2. Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
    3. Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
    4. Pengaruh globalisasi yang mendorong pemasaran barang elektronik yang tiada batas.
    5. Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.

    Threat (Ancaman)
    1. Adanya ketergantungan produk-produk lokal pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus
    2. Kekuatan merek lain yang lebih dahulu mengusai pasar
    3. Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain
    4. Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus
    5. Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap negara
    6. Terjadinya krisis financial menyebabkan turunnya daya beli masyarakat
    7. Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.

    BalasHapus
  43. Tugas semester VII
    NAMA : sulastri
    NIM : 075310116

    part III

    ANALISIS SWOT UNTUK LG
    Strenghts ( Kekuatan )
    1. Semua yang dilakukan LG dipandu oleh panduan moral yang memastikan
    keadilan, menghormati semua stakeholder dan transparansi sepenuhnya.
    2. Meliputi beragam bisnis yang memanfaatkan kecepatan, kreatifitas, dan
    efisiensi untuk menemukan, mengembangkan dan memasarkan produk yang
    menentukan hidup kita saat ini.
    3. Orang-orang LG yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangan
    dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang
    memimpin pasar.
    4. Inovasi adalah kunci utama dari LG.
    5. Aktifitas R&D tidak hanya memperluas pandangan, namun mereka juga membukakan
    jalan bagi kelanjutan teknologi terkini dibidang digital elektronik.
    6. Memberi kesempatan yang sangat luas bagi orang-orang untuk mencapai potensi
    mereka sepenuhnya.
    7. Upaya Kewarganegaraan Samsung meliputi banyak bidang dalam kehidupan
    masyarakat, termasuk kesejahteraan sosial, kebudayaan dan seni, pelayanan
    sukarela, akademik dan pendidikan, perlindungan lingkungan, dan pertukaran
    internasional.
    8. Menciptakan image produk yang bertahan lama dimata konsumen
    9. Ramah lingkungan, hemat energi dan air, mengurangi polusi dan mengeliminasi
    bahan beracun.
    10. Inovasi diciptakan dengan mengadaptasi teknologi baru, lebih dulu daripada
    pesaing.
    11. Nilai merek yang tinggi
    12. Diversifikasi lini produk dan produk campuran
    13. Kegiatan penelitian dan pengembangan

    BalasHapus
  44. Tugas semester VII
    NAMA : sulastri
    NIM : 075310116

    part IV

    Weaknesses ( Kelemahan )
    1. LG harus terus menerus memaintain semua biaya untuk tetap sukses
    2. Investasi tinggi pada aktivitas R&D (menginvestasikan paling sedikit 9% dari
    pendapatan penjualan pada aktivitas R&D).
    3. LG belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan
    pesaingnya.
    4. Berkurangnya profitabilitas karena terlalu banyak pegawai dengan fasilitas
    luar biasa
    5. Kualitas Produk.Dalam beberapa kasus, LG produk belum yang terbaik
    dalam kualitas, ada beberapa kasus ketika mereka recalled produk mereka.
    Opportunities ( Kesempatan )
    1. Era digital yang terus berkembang
    Salah satu pemimpin yang diakui dunia di industri teknologi digital
    2. LG memiliki program yang memperkuat pikiran dan mendorong kreativitas
    generasi muda
    3. Berdasarkan data yang didapat, 28% dari 220 juta rumah tangga memiliki
    televisi berwarna.
    4. Jaringan penelitan dan pengembangan meliputi enam pusat LG di Korea dan 8
    lainnya di sembilan negara lain, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Rusia,
    Israel,India, Jepang, Cina serta pusat-pusat penelitian dan perguruan tinggi
    lainnya. Pusat-pusat ini ditugaskan untuk merekrut bakat-bakat terhebat di
    tingkat lokal, meneliti tren-tren teknologi lokal terbaru, dan mewujudkan
    teknologi-teknologi yang menawarkan keuntungan terbesar.

    BalasHapus
  45. Tugas semester VII
    NAMA : sulastri
    NIM : 075310116

    part V

    Threats ( Ancaman )
    1. Lingkungan bisnis yang sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif
    Jika perusahaan tetap diam, akan mudah ketinggalan jaman
    2. Konsumen memiliki banyak pilihan.
    3. Kompetisi intens pada pasar televisi berwarna
    4. Produk harga premium tidak akan dijual dengan jumlah yang banyak, maka akan
    timbul masalah harga
    5. Jika LG gagal untuk sukses di pasar china dengan produk berteknologi
    tingginya, hal itu akan diketahui oleh seluruh dunia. Ketika teknologi-
    teknologi baru secara terus menerus diperkenalkan ke pasar, kecepatan
    menjadi sangat penting agar tetap dapat bersaing dalam era digital saat
    ini, dan pasar-pasar baru harus dirintis secara terus menerus
    6. Krisis keuangan global

    BalasHapus
  46. Tugas semester VII
    NAMA : sulastri
    NIM : 075310116

    part VI

    Perbandingan antara 2 perusahaan
    Perbandingan Strength (kekuatan)
     Samsung merupakan pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara produk Samsung, termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.

     Orang-orang LG yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangan
    dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang
    memimpin pasar.

    Perbandingan Weakness (Kelemahan)
     Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Samsung kepada para pesaingnya.

     LG belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan
    pesaingnya.

    Perbandingan Opportunity (Kesempatan)
     Produk-produk yang ditawarkan Samsung merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu dicari dan Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.

     LG memiliki program yang memperkuat pikiran dan mendorong kreativitas
    generasi muda

    BalasHapus
  47. Tugas semester VII
    NAMA : sulastri
    NIM : 075310116

    part VII

    Perbandingan Threat (Ancaman)
     Kekuatan merek lain yang lebih dahulu mengusai pasar , Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus

     Produk harga premium tidak akan dijual dengan jumlah yang banyak, maka akan
    timbul masalah harga


    Kesimpulan
     Dari analisis SWOT dapat ditarik kesimpulan , Samsung menduduki posisi pertama dalam pasar ponsel AS, Menduduki posisi No.1 pangsa pasar TV dunia selama sembilan kali secara berturut-turut, Dengan pandangan ke depan, Samsung telah membuat kemajuan bersejarah di bidang RnD lini semikonduktor, termasuk flash memori dan non-memori, semikonduktor khusus pesanan, DRAM dan SRAM, dan juga memproduksi LCD yang terbaik di kelasnya, telepon seluler, peralatan digital, dan lebih banyak lagi.
    Samsung mengadakan partnership dengan Amerika dan perusahaan-perusahaan ternama.

     Dalam beberapa kasus, LG produk belum yang terbaik dalam kualitas, ada beberapa kasus ketika mereka recalled produk mereka ketika kesalahan telah ditemukan. Contoh baru-baru ini pada 2 Maret 2009, ketika 30.000 ponsel LG telah recalled by US Konsumen Keselamatan regulator. LG laporan lain yang tercantum di samping ponsel Sony Ericsson dan Samsung sebagai ponsel yang paling handal karena kesalahan teknis

    BalasHapus
  48. • Vivi Julianti ( 075310062 )
    • Efendy Wongso ( 075310012 )
    Semester : VII
    Jurusan : Manajemen ( S1 )
    ANALISIS PT.PANASONIC GOBEL INDONESIA & PT. LG ELECTRONICS
    Strengths :
    • Sampai saat ini Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, Kamera, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya.
    • Merupakan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam, bisnis dan industri .
    • Sebagai brand elektronik yang memiliki kualitas produk yang tinggi dan terbaik, dan selalu melakukan inovasi-inovasi hebat untuk produk-produknya.
    • Menciptakan produk terbaik bagi para konsumennya, sebagai upaya dari melestarikan budaya kedua perusahaan yang telah diterapkan oleh para pendirinya
    - Menjadikan produk elektronik pun seharusnya mudah tersedia dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan masyarakat banyak.

    Weaknesess :
    Pada saat Krisis berkepanjangan yang melanda Indonesia juga memilki dampak bagi PT Panasonic. Ekspor PT Panasonic ke pasar utamanya yaitu Timur Tengah-- menurun dari 38% menjadi 27% dari total penjualannya. Pada saat yang sama, biaya produksi melambung karena naiknya harga bahan bakar, listrik dan telepon. Menurut estimasi National Gobel, biaya produksi meningkat 3 persen setiap tahunnya, dan hal ini tidak diimbangi oleh peningkatan daya beli konsumen.

    BalasHapus
  49. part 2
    Opportunities :
    • Panasonic merupakan satu-satunya brand yang menyelenggarakan Panasonic Awards yang merupakan wujud kepedulian dan penghargaan Panasonic Indonesia kepada insan pertelevisian yang telah menunjukkan dedikasi dan prestasinya bagi perkembangan pertelevisian tanah air.
    • Panasonic merupakan sponsor untuk beberapa event Internasional yang memiliki tujuan sejalan dengan filosofi kami. Khususnya dalam rangka bersumbangsih kepada masyarakat dengan menyediakan teknologi yang terdepan.
    • Panasonic terlibat di dalam Olimpiade sebagai Rekan Dunia IOC. Pada pesta olahraga paling akbar di dunia ini, masyarakat luas telah mengenal keterlibatan dan dukungan kami untuk pertandingan Olimpiade tersebut
    • Pencak Silat yang secara rutin digelar oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia dan Panasonic adalah satu bukti akan komitmen menjaga dan melestarikan budaya bangsa


    Threats :
    • Pesaing utama Panasonic ada pada industri pasar televisi LCD adalah
    LG, Samsung, Sharp, Sony dan masih banyak lagi
    - Kompetisi intens pada pasar televisi berwarna
    - Lingkungan bisnis yang sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif
    - Jika perusahaan tetap diam, akan mudah ketinggalan jaman

    BalasHapus
  50. part 3
    ANALISIS SWOT PT. LG ELECTRONICS
    ANALISIS SWOT UNTUK LG
    - STRENGHTS
    1. Semua yang dilakukan LG dipandu oleh panduan moral yang memastikan keadilan, menghormati semua stakeholder dan transparansi sepenuhnya.
    2. Meliputi beragam bisnis yang memanfaatkan kecepatan, kreatifitas, dan efisiensi untuk menemukan, mengembangkan dan memasarkan produk yang menentukan hidup kita saat ini.
    3. Orang-orang LG yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangan dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang memimpin pasar.
    4. Inovasi adalah kunci utama dari LG.
    5. Aktifitas R&D tidak hanya memperluas pandangan, namun mereka juga membukakan jalan bagi kelanjutan teknologi terkini dibidang digital elektronik.
    6. Memberi kesempatan yang sangat luas bagi orang-orang untuk mencapai potensi mereka sepenuhnya.
    7. Upaya Kewarganegaraan Samsung meliputi banyak bidang dalam kehidupan masyarakat, termasuk kesejahteraan sosial, kebudayaan dan seni, pelayanan sukarela, akademik dan pendidikan, perlindungan lingkungan, dan pertukaran internasional.
    8. Menciptakan image produk yang bertahan lama dimata konsumen
    9. Ramah lingkungan, hemat energi dan air, mengurangi polusi dan mengeliminasi bahan beracun.
    10.Inovasi diciptakan dengan mengadaptasi teknologi baru, lebih dulu daripada pesaing.
    11. Nilai merek yang tinggi
    12. Diversifikasi lini produk dan produk campuran
    13. Kegiatan penelitian dan pengembangan
    - WEAKNESSES:
    1. LG harus terus menerus memaintain semua biaya untuk tetap sukses
    2. Investasi tinggi pada aktivitas R&D (menginvestasikan paling sedikit 9% dari pendapatan penjualan pada aktivitas R&D).
    3. LG belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan pesaingnya.

    BalasHapus
  51. part 4
    4. Samsung belum memiliki banyak pengalaman pada Televisi berteknologi tinggi pada segmen tersebut.
    5. Samsung tidak memiliki strategi marketing, masalah penyebaran produk akan meningkat
    6. Berkurangnya profitabilitas karena terlalu banyak pegawai dengan fasilitas luar biasa
    7. Kualitas Produk.Dalam beberapa kasus, LG produk belum yang terbaik dalam kualitas, ada beberapa kasus ketika mereka recalled produk mereka.
    - OPPORTUNITIES:
    1. Era digital yang terus berkembang
    Salah satu pemimpin yang diakui dunia di industri teknologi digital
    2. LG memiliki program yang memperkuat pikiran dan mendorong kreativitas
    generasi muda
    3. Berdasarkan data yang didapat, 28% dari 220 juta rumah tangga memiliki televisi berwarna.

    4. Jaringan penelitan dan pengembangan meliputi enam pusat LG di Korea dan 8 lainnya di sembilan negara lain, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Israel,India, Jepang, Cina serta pusat-pusat penelitian dan perguruan tinggi lainnya. Pusat-pusat ini ditugaskan untuk merekrut bakat-bakat terhebat di tingkat lokal, meneliti tren-tren teknologi lokal terbaru, dan mewujudkan teknologi-teknologi yang menawarkan keuntungan terbesar.
    5. Sponsor.
    Beberapa tahun terakhir, LGE telah dikaitkan dengan sejumlah besar
    olahraga Sponsor global, khususnya di Eropa.
    6. Peningkatan konsumsi dari produk elektronik.
    Menurut data baru dari Consumer Electronics Association (CEA) dan
    Kelompok GFK, pasar elektronik konsumen akan tumbuh hampir 10
    persen tahun ini, hampir $ 700 milyar di seluruh dunia, khususnya di negara-negara berkembang cepat, seperti Brazil, Cina, dan India.
    THREATS:
    1. Lingkungan bisnis yang sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif Jika perusahaan tetap diam, akan mudah ketinggalan zaman
    2. Konsumen memiliki banyak pilihan.
    3. Kompetisi intens pada pasar televisi berwarna
    4. Produk harga premium tidak akan dijual dengan jumlah yang banyak, maka akan timbul masalah harga
    5. Jika LG gagal untuk sukses di pasar china dengan produk berteknologi tingginya, hal itu akan diketahui oleh seluruh dunia. Ketika teknologi- teknologi baru secara terus menerus diperkenalkan ke pasar, kecepatan menjadi sangat penting agar tetap dapat bersaing dalam era digital saat ini, dan pasar-pasar baru harus dirintis secara terus menerus
    6. Krisis keuangan global

    BalasHapus
  52. part 5
    KESIMPULAN :
    Analisis SWOT merupakan metode paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi bukan sebagai pemecah masalah. Analisis SWOT terdiri dari empat faktor, yaitu: Strengths, Weaknesess, Opportunities, Threats.
    Sama dengan perusahaan lainnya PT.Panasonic Gobel Indonesia & PT.LG Electronics juga memiliki 4 faktor analisis SWOT yakni Strengths, Weaknesess,Opportunities,Threats. Strengths pada PT.Panasonic Gobel Indonesia, yakni Panasonic merupakan elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, Kamera, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya,selain Strengths Panasonic juga memiliki Weaknesess yakni pada masa krisis ekspor produk Panasonic ke pasar utama yakni Timur Tengah mengalami penurunan.
    LG Electronics memiliki Strengths yakni memiliki inovasi produk ramah lingkungan, hemat energi dan air, mengurangi polusi dan mengeliminasi bahan beracun. Hal ini menarik minat konsumen untuk membeli produk milik LG Electronis. Sedangkan pada faktor Weaknesess LG belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan pesaingnya seperti Panasonic dll.
    Namun,dari semua aspek dan faktor analisis tersebut,baik dari segi kekuatan,kelemahan,peluang maupun ancaman. Hal tersebut kembali lagi kepada konsumen untuk memilih produk mana yang mereka sukai.

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Analisis Swot
    Facebook Vs Twitter
    Lies Susanti (075310069)
    Jerryta Kristiani(075310096)
    Facebook
    Strengths
    • Salah satu situs terkemuka atas dan jejaring sosial.
    • Memiliki nama yang terkenal sebagai situs jaringan sosial.
    • Peringkat ke-2 dalam Top 500 lokasi (2010).
    • Salah satu dari website paling cepat berkembang dan diadopsi.
    • Ini memiliki lebih dari 500 pengguna aktif di situsnya, dan mengandung sekitar 900 juta benda-benda yang berinteraksi dengan pengguna.
    • Menciptakan jaringan sosial virtual bagi pengguna yang melibatkan dirinya pada tingkat pribadi.
    • Tata letak bersih terbaru membuat lebih user-friendly dan pengguna dapat dengan mudah dan cepat melihat profil teman-teman dengan satu klik.
    • Tab membuatnya lebih user friendly dan lebih mudah untuk mengakses dan browsing.
    • Diterjemahkan di lebih dari 70 bahasa.
    • Berbagi sangat mudah tentang website; teman-teman dapat dengan mudah berbagi dan komentar pada foto, yang juga membuat Facebook unsur menyenangkan.
    • Privasi pilihan juga mencakup batasan dan total kontrol atas halaman profil sendiri, siapa yang dapat mengakses konten apa, itu memberikan perasaan aman tentang pengguna.
    • Fitur yang membuat blogging lebih mudah dan menyenangkan dan pengguna tidak pernah meninggalkan Facebook, yang menyediakan waktu yang tinggi bagi pengguna.

    BalasHapus
  55. Part 2
    • Catatan fitur telah dianggap sebagai fitur bagus yang tidak kekacauan seperti situs jejaring sosial lainnya, teman-teman dapat menandai dalam rangka untuk membuat mereka menyadari tentang catatan dan komentar, dan puisi atau pemberitahuan dapat dengan mudah diberitahu, peristiwa juga memiliki seorang mayor dampak.
    • Pertumbuhan agar memiliki dampak yang luar biasa pada industri internet, dan dikenal sebagai situs jaringan sosial paling cepat berkembang
    • Pemimpin di industri mengenai pangsa pasar.
    • Manajemen tim yang sangat kuat dengan daya adaptasi tinggi tentang teknologi.
    • Posisi keuangan yang sangat kuat.
    • Fitur-fitur yang unik sehingga menjadi produk yang berdiri sendiri di pasar dengan persaingan yang kurang.
    • Ini memiliki gagasan untuk menciptakan masyarakat yang berbeda di dunia internet dan bertindak sebagai sebuah hub, juga berasal pendekatan individualistik dalam jaringan sosial.
    • Pengguna cukup adiktif ke Facebook karena faktor kekacauan yang kurang dan orang mencari integritas sosial dan integrasi dan Facebook menawarkan fitur yang menganggap hampir semua elemen.
    • Aplikasi juga dianggap sebagai sarana hiburan di Facebook, dan juga fitur permainan di mana teman bersaing satu sama lain dan yang membuat lebih.
    • Fitur chatting, di mana kelompok terbentuk dan pengguna dalam kelompok juga dapat terlibat dalam obrolan pribadi dengan eksklusif dengan anggotanya.
    • Wall posting oleh teman-teman juga membuat sebagai fitur pesan instan semi dan juga memberikan perasaan realistis yang melekat pada pengguna lain.
    • Facebook telah menciptakan seperti ruang untuk dirinya sendiri dalam industri internet yang kompetisi adalah mencari di atasnya, dan pertumbuhan yang luar biasa telah diberikan ke profitabilitas dan adaptasi.

    BalasHapus
  56. Weakness
    • Karena langkah-langkah inovatif perubahan tampilan Facebook, ada banyak kewajiban mengenai penggunaannya seperti bug dan masalah yang dihadapi pengguna dalam mengoperasikan situs web.
    • Pengguna mendapat perasaan asing sebagai umpan balik yang tepat tidak diberikan kepadanya tentang / menyelesaikan masalah, sebagian besar ada FAQ dan pilihan untuk dipilih.
    • Pada awalnya, agar harus menghadapi banyak masalah, khususnya ketika orang-orang mudah dihapus hal dan posting di profil mereka.
    • Konsistensi dari aplikasi dan permainan dan pengalaman yang dimiliki oleh pengguna terus pentingnya namun karena tingginya volume ruang yang diperlukan yang diperlukan untuk membuat jutaan orang yang bahagia pada saat yang sama, Facebook harus hati-hati tentang bagaimana mengelola seperti operasi.
    • Banyak waktu yang terbuang ketika pengguna terus mencari aplikasi yang tepat di Facebook dan menemukan setelah banyak pemborosan waktu.
    •Facebook tidak relevan dan tidak berguna aplikasi terlalu banyak.
    • Begitu semi layanan pesan tentang kiriman dinding tidak cukup dengan pesan instan yang sama real-time.

    BalasHapus
  57. Opportunities
    • Masih banyak peluang agar, pengguna khususnya dapat berhubungan dan berbagi informasi penting untuk teman-teman mereka, mitra bisnis. they can easily create business partners. mereka dapat dengan mudah membuat mitra bisnis.
    • Facebook mempunyai halaman yang lebih mudah untuk menemukan dan bergabung, dan kemungkinan masa depan yang luas halaman ini sebagai organisasi yang telah membuat Page yang bertindak sebagai fase pengantar untuk organisasi, dan dampak iklan akan menjadi pendekatan oportunistik dalam mencapai target pelanggan secara global.
    • Facebook memiliki luas penggunaan pengumpulan data pengguna melalui jajak pendapat dan survei tentang berbagai layanan untuk bisnis yang berbeda dan mengumpulkan data berharga yang dapat berguna untuk bisnis yang berbeda sebelum berinvestasi di daerah manapun.
    • Seputar popularitas dan pengaruh yang dapat memegang pada pelanggan, ia memiliki kesempatan untuk menggerakkan kehidupan rakyat ke arah yang baru. Para pengguna akan mendapatkan saling terkoneksi tanpa biaya variabel biaya tinggi, dan langsung dapat memperoleh makna dalam komunikasi.
    • Ekspansi di pasar internasional dan fleksibilitas memulai aspek budaya dari negara-negara lain pasti akan menjadi pendekatan positif dan lebih diterima.
    • Facebook memiliki ruang untuk inovasi, dan dapat menganggap banyak lagi layanan yang menyentuh jaringan sosial.
    • Mereka harus berinvestasi dalam teknologi dan memberikan informasi umpan balik tentang penggunanya karena ada juga perusahaan yang beroperasi di masyarakat dapat.
    • Facebook dapat mencakup layanan mengenai perkembangan program, kerangka navigasi, struktur keuangan, dan spesifikasi juga menargetkan.
    • Aplikasi akan bereputasi tinggi jika struktur dan platform yang kuat dan dapat diandalkan dengan pemasaran yang kuat untuk mencapai pelanggannya.
    • Facebook bekerja sedemikian rupa sehingga kredibilitas jangka panjang akan meningkat serta reputasi dari Facebook, yaitu mengembangkan program dan terlibat dalam hosting program yang akan bersaing dengan pengembang program tingkat tinggi. Tapi agar sebagian besar harus terlibat dalam mengembangkan program-program online yang dapat digunakan dalam sinkron dengan pengguna dan teman-teman mereka.
    • Facebook menawarkan kesempatan untuk membuat uang mengenai layanan yang akan menyentuh sampai pelanggan dan jumlah kecil transaksi kepada mitra mereka atau teman.
    • Bisa juga menggunakan portal P2P mana orang dapat terlibat dalam membeli dan menjual pendekatan, tetapi saluran pertukaran dan distribusi harus diinvestasikan di atas, dan ini berharga agar di masa depan, atau bisa bermitra dengan perusahaan seperti Amazon, eBay atau Apple.
    • Keterlibatan mobile agar telah membawa banyak perubahan signifikan dalam kehidupan para pengguna, karena mereka dapat tetap terhubung dengan teman-teman mereka tanpa terputus dengan pekerjaan mereka atau rutin.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Threats
    • Pengaturan privasinya kurang baik sehingga membuat kebocoran jutaan foto pribadi orang melalui internet, disarankan bahwa facebook ketat harus langkah-langkah keamanan dan memikirkan teknik seperti yang tidak akan mengecilkan privasi pengguna.
    • Spamming telah menjadi isu karena umpan mini dan dinding penggabungan, teman-teman yang lebih pengguna, semakin spammed akan menjadi Feed, dan pengguna akan mengabaikan di dalamnya dan akan terlibat hanya selektif atau tidak akan terlibat di semua karena untuk keselamatan informasi.
    • Konfigurasi pilihan yang berbeda di Facebook adalah cukup memakan waktu, dan sebagian besar pengguna yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup akan memiliki privasi mereka dieksploitasi.
    • Aplikasi dan program matang cepat dan pengguna bosan cukup mudah setelah beberapa usaha dalam menggunakan aplikasi. Sebagian besar aplikasi memiliki penggunaan satu kali dan karenanya membosankan.
    • Kecenderungan digital yang harus diikuti, dan dapat mencari identitas melalui komunitas dan individu dari banyak budaya dan khususnya remaja akan mengambil langkah yang tinggi pada apa yang akan dapat cukup untuk mendapatkan dalam dunia internet.Mereka harus memperkirakan bagian menarik tentang pengguna dan mendapatkan lebih banyak terlibat dalam umpan balik pelanggan.

    BalasHapus
  60. Twitter
    Strengths
    • Salah satu situs terkemuka atas dan jejaring sosial.
    • Memiliki nama yang terkenal sebagai situs jaringan sosial.
    • Salah satu dari website paling cepat berkembang.
    • Menciptakan jaringan sosial bagi pengguna.
    • Tampilan Twitter jauh lebih sederhana dan simple dibanding Facebook
    • Wall posting oleh teman-teman juga membuat sebagai fitur pesan instan dan memberikan pesan nyata bagi pengguna lain.
    Weakness
    • Pada Twitter tidak bisa langsung menuliskan atau membalas postingan dari teman.
    • Pada Twitter tidak memiliki layanan chatting
    • Twitter tidak dilengkapi dengan fasilitas games.
    Opportunities
    • Jejaring sosial Twitter lebih banyak digunakan oleh artis/aktor dari dalam maupun luar negri. Oleh sebab itu lebih banyak yang ingin menggunakannya, karena bisa berhubungan dengan idola mereka yang berada di luar negeri.
    • Keterlibatan mobile, Twitter telah membawa banyak perubahan besar dalam kehidupan para pengguna, karena mereka tetap bisa terhubung dengan teman-teman mereka tanpa terputus dengan pekerjaan mereka atau rutin.
    • Pada Twitter tidak pernah terdengar isu yang membuatnya jatuh image.
    • Loading Twitter tidak lambat.

    BalasHapus
  61. Threats
    • Konfigurasinya memakan waktu.
    • Karena fasilitasnya yang minim dibandingkan pesaing lainnya, maka twitter mengalami penurunan peminat yang suka menggunakan fasilitas jejaring sosial.
    Perbandingan
    Sebagai raksasa jejaring sosial maya, Facebook kini menghadapi ancaman yang tidak ringan. Uniknya ancaman itu datang bukan dari lawan yang sepadan. Twitter yang dikenal sebagai microbloging perlahan tapi pasti, eksistensinya mulai menggerus popularitas Facebook. Dalam banyak hal Twitter itu antitesis dari Facebook, yaitu sebuah komunitas tersebar yang mengerjakan satu hal sederhana yang dijembatani cara-cara dan kemungkinan-kemungkinan yang maha luas.
    Secara tampilan, Twitter jauh lebih sederhana dan simple dibanding Facebook. Tapi jangan salah, rupanya tampilannya yang sederhana dan akses update yang super cepat, membuat situs-situs share populer maupun perusahaan-perusahaan besar lebih suka update dengan Twitter.
    Dimata Facebook, kelebihan yang dimiliki Twitter dianggap cukup membahayakan. Karena itu Mark Zuckerberg(Pembuat Facebook) dan kawan-kawan tengah memodifikasi 2 fitur penting yang disebut-sebut menjiplak Twitter. Fitur yang dimaksud itu adalah ‘Connects me as a fan’ yang mirip fungsinya dengan followers pada Twitter. Pengguna akan diberikan notifikasi tertentu ketika seorang temannya mengaktivasi fitur tersebut. Diyakini fitur ini akan dapat membantu dan menguntungkan pengguna Twitter dalam menikmati Facebook.
    Modifikasi lainnya, yakni perubahan nama halaman ‘All Friends’ menjadi ‘All Connections’. Perubahan yang terlihat mungkin kecil, tetapi dengan begitu perbedaan antara Facebook Profiles dan Facebook Pages menjadi nyaris tidak ada. Keunggulan fitur baru ini adalah kemampuannya menambah Facebook Page ke dalam friend list, yang artinya memungkinkan berita-berita terbaru dari user maupun grup masuk ke halaman update Anda.
    Kesimpulan
    Twitter lebih spesifik ke microblogging, jadi fasilitas utamanya adalah mengupdate post atau status. Adapun Facebook lebih kompleks, jejaring sosial dengan segala fasilitasnya, aplikasi, chatting, gift, poke, dan lain sebagainya. Untuk di Indonesia, Facebook tampaknya masih akan digandrungi, sebab di Twitter belum dilengkapi fitur foto.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. NAMA: Jimmy Chandra (085310037)

    Analisis Swot Airasia Dan PT.Garuda Indonesia

    Analisi Swot Airasia
    Part.I

    1. Strengh
    - Brand image
    Sebagai trendsetter penerbangan harga tiket yang murah, image ini sudah tertanam di sebagian besar masyarakat Indonesia, sehingga image yang muncul ketika seseorang akan melakukan perjalanan adalah AirAsia.

    - Kenyamanan penggunaan website
    Salah satu contohnya adalah pada proses pembelian tiket di AirAsia, calon penumpang mendapatkan rincian biaya apa saja yang akan dibayarkan, beserta nominalnya sedangkan pada Mandala Airlines, calon penumpang hanya diberi jenis-jenis biaya yang dibayarkan tanpa nominal dan pada Citilink, calon penumpang tidak mendapatkan informasi rincian biaya sama sekali.

    - Tingkat kecelakaan
    Sampai saat ini, AirAsia memiliki reputasi yang baik dibanding perusahaan lain yang cukup sering mengalami masalah teknis ringan maupun berat, dalam penerbangannya, seperti ban lepas, ban pecah, kaca kokpit pecah, pendaratan darurat, salah rute, jatuh di laut, dan lain sebagainya.

    - Kemudahan cara pembayaran.
    Di AirAsia.com, pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit dan kartu debit.

    - Cara pemesanan
    Calon penumpang dapat melakukan reservasi tiket melalui website, call-center, biro perjalanan dan sms.

    - Kemampuan staf
    Setiap staf AirAsia dibekali dengan kemampuan dan pengetahuan yang menunjang kinerja pelayanan mereka. Hal ini didukung dengan adanya pusat pelatihan akademi AirAsia yang memberikan pelatihan secara berkala pada setiap stafnya.

    - Check in
    AirAsia sedang mempersiapkan inovasi baru untuk check in, dengan cara online. Sehingga orang tidak perlu terburu-buru datang ke bandara untuk check in. Jika cara ini dapat terlaksana dengan baik, maka dapat mengurangi antrian di counter check in di bandara, karena penumpang hanya perlu datang ke counter check in untuk mengambil boarding pass saja. Namun cara ini dapat menjadi ‘buah simalakama’ untuk AirAsia sendiri, karena dengan cara check in online, akan muncul kecenderungan untuk datang ke bandara mendekati waktu terbang, dan sangat dimungkinkan akan banyak orang yang terlambat datang ke bandara.


    2. Weakness
    - Level of service terbatas
    Dikarenakan harga tiket yang murah, service yang diberikan pada konsumen pun terbatas. Penumpang yang menginginkan service lebih, diwajibkan untuk membayar biaya tambahan. Biaya tambahan tersebut antara lain biaya 15 kg bagasi, biaya kelebihan bagasi per kilo, biaya perubahan jadwal, biaya memilih tempat duduk, biaya asuransi, biaya makanan di perjalanan. Selain itu, faktor ketidak nyamanan dalam proses naik ke pesawat, dimana para penumpang harus berjalan kaki atau naik bus ke tempat parker pesawat, dapat menjadi masalah tersendiri.

    - Delay penerbangan
    Salah satu analisa yang mungkin terjadi adalah banyaknya variasi rute dan jadwal penerbangan, menyebabkan terjadinya penyebaran penumpang. Ada kalanya terjadi dalam salah satu jadwal penerbangan, mendapatkan jumlah calon penumpang yang tidak mencapai target minimum terbang. Jika jadwal seperti ini tetap dilaksanakan, akan mengakibatkan kerugian pada pihak airlines. Sehingga pihak AirAsia menggabungkan penerbangan tersebut dengan jadwal penerbangan berikutnya. Analisa yang lain adalah kendala teknis dari keterlambatan persiapan pesawat pada jadwal pertama, mengakibatkan keterlambatan pada jadwal kedua dan seterusnya. Sehingga pada jadwal di bagian akhir hari akan mengalami keterlambatan yang paling parah.

    - One man show
    Mandala Airlines dapat memberikan rute yang mencakup kota-kota kecil dan sulit dijangkau dengan pesawat besar. Mandala Airlines memberikan alternatif penerbangan lanjutan, misalnya untuk penerbangan Mandala Airlines ke Ende, disediakan penerbangan ke Kupang dan dilanjutkan dengan TransNusa Air Services ke Ende. Kerja sama semacam ini belum ada pada pelayanan AirAsia, yang masih mengandalkan armadanya sendiri untuk semua rute yang disediakan.

    BalasHapus
  65. Part.II
    3. Opportunity
    - Kondisi geografik di Indonesia yang memiliki banyak pulau, membuat kebutuhan akan sarana transportasi udara masih sangat tinggi.

    - Banyaknya objek pariwisata yang tersebar di seluruh Indonesia, yang dapat dicapai dengan transportasi udara dengan mudah.

    - Sesuai data yang diperoleh, dari 35.6 juta penumpang transportasi udara dalam tahun 2008, lebih dari 60% dari pengguna jasa angkutan udara lebih memilih pengerbangan dengan tiket murah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pangsa pasar tiket murah masih sangat luas.


    4. Threath
    - Fluktuasi harga minyak
    Apabila terjadi kenaikan harga minyak dunia, akan terjadi resiko kenaikan biaya operasional yang memungkinkan naiknya tarif penerbangan yang dikenakan pada penumpangnya.

    - Fluktuasi kurs
    Sebagian besar pendapatan PT Indonesia AirAsia didapat dalam mata uang rupiah. Sedangkan pembelian minyak dibeli dalam mata uang dollar. Penurunan nilai rupiah terhadap dollar dapat menimbulkan potensi kerugian.

    Tantangan yang dihadapi Indonesia AirAsia dapat diatasi dengan cara membuka tabungan dollar, dimana pendapatan yang diperoleh dalam bentuk Rupiah ditukarkan menjadi USD ketika terjadi penurunan nilai Rupiah, sehingga ketika Indonesia AirAsia harus membeli minyak, USD sudah tersedia dalam rekening dollar ini.

    Fluktuasi harga minyak dunia dapat diatasi dengan cara melakukan sistem hedging. Hedging atau lindung nilai adalah merupakan suatu mekanisme yang dilaksanakan di Bursa Berjangka dengan membuka suatu kontrak beli atau jual atas suatu komoditi yang sama dengan komoditi yang akan diperdagangkan di pasar fisik. Sistem ini sudah dilakukan oleh AirAsia dengan melakukan sistem hedging pada 50% pemakaian bahan bakarnya pada tahun 2007 dengan perjanjian harga minyak US$79 per barrel.

    BalasHapus
  66. Analisis Swot PT.Garuda Indonesia
    Strength :

    1. - On time performance
    2. - Service yang cepat dan memuaskan
    3. - Dibandingkan dengan perusahaan penerbanan domestik lainnya, keamanan penerbangan Garuda paling terjamin
    4. - Memiliki business unit yang mendukung aktivitas perusahaannya
    5. - Memiliki SDM yang qualified (kompeten)



    Weakness :

    1. - Biaya operational yang tinggi menyebabkan harga tiket pesawat cukup tinggi diantara penerbangan domestik lainnya
    2. - Tingginya tingkat KKN di dalam perusahaan yang dapat merugikan perusahaan
    3. - Garuda mempunyai utang yang sangat banyak



    Oportunity :

    1. - pasar penerbangan internasional yang masih sangat luas
    2. - meningkatnya kebutuhan masyarakat atas alat transportasi yang lebih cepat
    3. Threat :
    4. - Kompetitor yang semakin banyak dengan harga tiket yang kompetitif
    5. - Kondisi sosial politik yang tidak menentu (misal : ancaman bom)
    6. - Penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS
    7. - Kenaikan BBM


    Threat :

    1. - Kompetitor yang semakin banyak dengan harga tiket yang kompetitif
    2. - Kondisi sosial politik yang tidak menentu (misal : ancaman bom)
    3. - Penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS
    4. - Kenaikan BBM

    BalasHapus
  67. Nama : Cindya
    NIM : 09510039
    Jurusan : Akuntansi (ITMI)
    Semester : VII (Tujuh)

    Analisis SWOT untuk kompasiana.com:

    1. Strengh (Kekuatan)

    Yang menjadi kelebihan dari kompasiana.com:

    · Website ini mudah diakses di www.kompasiana.com, dan support dengan browser apapun.

    · Masih menganut estetika tata letak yang baik dengan menggunakan 3 kolom dihalaman utama, masih enak dilihat.

    · Website ini menyediakan berita dari seluruh pembaca dan kontributor dan menampilkannya berupa news flash.

    · Menu-menu dan submenu dalam web ini sangat jelas, dipertegas dengan membedakan warna dari setiap sub menu.

    · Konsisten dalam setiap halaman yang ditampilkan, seperti dalam halaman berita

    · Secara konten website ini sangat jelas menyampaikan pemberitaan

    · Sangat flexibel dengan apa yang dicari oleh pembaca

    · Memiliki pesan konfirmasi dalam segala kondisi

    · Website ini sangat interaktif, bisa menampung tidak hanya profile dan pencarian, tapi juga penulisan berita dan pengeditannya.

    · Data kita akan aman karena memiliki login

    2. Weaknesses (kelemahan)

    · Kurang simple karena terlalu penuh dengan judul berita.

    · Kurang efisien, karena ada beberapa sub menu yang tidak memiliki judul.

    · Kekurangan terdapat pada halaman utama, dimana satu halaman terdapat sekali banyak link, namun tidak memiliki sub menu, sehingga membingungkan. Hal ini pun yang mengorbankan prinsip simplicity.

    3. Opportunity (kesempatan)

    · Memberikan berita yang aktual dan terpercaya tanpa mengurangi kecepatan berita.

    · Tetap memberikan kesempatan bagi jurnalisme warga untuk menggunakan kompasiana.com sebagai media penyampaian berita.

    · Memperbaiki halaman utama, menjadi lebih menarik dan tidak membingungkan penggunanya.

    · Tetap mempertahankan kelebihan-kelebihan dan memperbaiki kekuranggannya.

    4. Threat (ancaman)

    · Banyak web berita online lainnya yang baik seperti, kompas.com, detik.com, okezone.com, mediaindonesia, tempo.com dan banyak lagi yang menjadi kompetitor dari kompasiana.com.

    · Kemampuan web berita online lain dalam menyajikan berita yang baik dalam penulisan (5W1H) dapat menjadi ancaman bagi kompasiana.com.

    · Di kompasiana.com tidak ada editornya, sehingga tulisan yang dihasilkan belum semua yang sesuai dengan etika jurnalisme dan menjadi ancaman bagi kompasiana.com.

    · Perkembangan web berita online lain dalam menggunakan perkembangan teknologi dapat menjadi ancaman apabila kompasiana.com tidak cepat mengikutinya (update terhadap teknologi baru).

    BalasHapus

Entri Populer