Jumat, 03 Desember 2010

Strategy SDM

PERTEMUAN XI

STRATEGI PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG EFEKTIF

by: Nur Aisyah,SE,MM

Keselarasan antara perencanaan sumber daya manusia (SDM) dapat membangun kinerja organisasi yang mampu mengadaptasi dengan perubahan tadi. Untuk merancang dan mengembangkan perencanaan sumber daya manusia yang efektif bukanlah pekerjaan yang mudah, dia membutuhkan suatu pemikiran, pertimbangan jangka pendek maupun jangka panjang.
Tiga tahap perencanaan :
1.                          Strategic Planning : bertujuan untuk mempertahankan  kelangsungan organisasi dalam lingkungan persaingan.
2.                          Operational Planning : yang menunjukkan demand terhadap SDM
3.                          Human Resources Planning : yang digunakan untuk memprediksikualitas dan kuantitas kebutuhan sumber daya manusia dalam jangka pendek dan jangka panjang yang menggabungkan program pengembangan dan kebijaksanaan SDM.
Sebuah organisasi dalam mewujudkan eksistensinya dalam rangka mencapai tujuan memerlukan perencanaan Sumber daya manusia yang efektif.
Suatu organisasi, menurut Riva’i( 2004:35) “tanpa didukung pegawai/karyawan yang sesuai baik segi kuantitatif,kualitatif, strategi dan operasionalnya ,maka organisasi/perusahaan itu tidak akan mampu mempertahankan keberadaannya, mengembangkan dan memajukan dimasa yang akan datang” .
Perencanaan sumber daya manusia (Human Resource Planning) merupakan proses manajemen dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia organisasi dari posisi yang diinginkan di masa depan.
Sedangkan sumber daya manusia adalah seperangkat proses-proses dan aktivitas yang dilakukan bersama oleh manajer sumber daya manusia dan manajer lini untuk menyelesaikan masalah organisasi yang terkait dengan manusia.
Tujuan dari integrasi system adalah untuk menciptakan proses prediksi demand sumber daya manusia yang muncul dari perencanaan strategik dan operasional secara kuantitatif, dibandingkandengan prediksi ketersediaan yang berasal dari program-program SDM.
Strategi bisnis di masa yang akan datang yang dipengaruhi perubahan kondisi lingkungan menuntut manajer untuk mengembangkan program-program yang mampu menterjemahkan current issues dan mendukung rencana bisnis masa depan. Keselarasan antara bisnis dan perencanaan sumber daya manusia (SDM) dapat membangun perencanaan bisnis yang pada akhirnya menentukan kebutuhan SDM.

Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi aktivitas bisnis dan perencanaan SDM, antara lain:
a.      Globalisasi,
b.      Kemajuan teknologi,
c.       Pertumbuhan ekonomi
d.      Perubahan komposisi angkatan kerja.

Perubahan karakteristik angkatan kerja yang ditandai oleh berkurangnya tingkat pertumbuhan tenaga kerja, semakin meningkatnya masa kerja bagi golongan tua, dan peningkatan diversitas tenaga kerja membuktikan perlunya kebutuhan perencanaan SDM.
Dengan demikian, proyeksi demografis terhadap angkatan kerja di masa depan akan membawa implikasi bagi pengelolaan sumber daya manusia yang efetif.
 Tujuan utama perencanaan adalah memfasilitasi keefektifan organisasi, yang harus diintegrasikan dengan tujuan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang organisasi

Terdapat manfaat Pengembangan SDM di Masa Depan Pimpinan yang secara teratur melakukan proses pengembangan strategi sumber daya manusia pada organisasinya akan memperoleh manfaat berupa distinctive capability dalam beberapa hal dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan yang sifatnya strategis yakni :
1.Kemampuan mendifinisikan kesempatan maupun ancaman bagi sumber daya manusia dalam mencapai tujuan bisnis.
2.Dapat memicu pemikiran baru dalam memandang isu-isu sumber daya manusia dengan orientasi dan mendisdik patisipan serta menyajikan perluasan perspektif.
3.Menguji komitmen manajemen terhadap tindakan yang dilakukan sehingga dapat menciptakan proses bagi alokasi sumber daya program-program spesifik dan aktivitas.
4.Mengembangkan “sense of urgency” dan komitmen untuk bertindak. Kemudian yang sifatnya operasional .

Perencanaan SDM dapat bermanfaat untuk :
1. Meningkatkan pendayagunaan SDM guna memberi kontribusi terbaik,
2.Menyelaraskan aktivitas SDM dengan sasaran organisasi agar setiap pegawai/tenaga kerja dapat mengotimalkan potensi dan ketrampilannya guna meningkatkan kinerja organisasi,
3.Penghematan tenaga,biaya, waktu yang diperlukan ,sehingga dapat meningkatkan efisiensi guna kesejahteraanpegawai/karyawan

Rothwell (1995) menawarkan suatu teknik perencanaan sumber daya manusia yang meliputi tahap :
(1) Investigasi baik pada lingkungan eksternal, internal, organisasional:
 (2) Forecasting atau peramalan atas ketersediaan supply dan demand sumber daya manusia saat ini dan masa depan;
(3) Perencanaan bagi rekrumen, pelatihan, promosi, dan lain-lain;
(4) Utilasi, yang ditujukan bagi manpower dan kemudian memberikan feedback bagi proses awal.

17 komentar:

  1. Tugas Managemen Strategy
    oleh:
    Jansen ( 081010011)
    Denny ( 081010019)
    Analisis SWOT Produk Dual Currency Return ( DCR )
    PT.Bank OCBC NISP.tbk
    Faktor - faktor dalam dimensi kekuatan bisnis pada produk DCR adalah:
    (a) penguasaan pangsa pasar, yakni kontribusi DPK Bank OCBC NISP
    (b) citra Bank OCBC NISP
    (c) strategi pemasaran (promosi) yang dilakukan oleh Bank OCBC NISP dalam memasarkan produk DCR
    (d) diversifikasi produk DCR
    (e) kekuatan tenaga pemasaran dalam menjual produk DCR
    (f) dukungan Manajemen Bank OCBC NISP
    (g) return yang diperoleh Nasabah dari produk DCR di bank OCBC NISP
    (h) wilayah jangkauan pemasaran untuk produk DCR.

    Faktor - faktor termasuk kedalam kelemahan produk DCR adalah:
    (a)belum optimalnya tenaga pemasaran
    (b) diversifikasi produk
    (c)dukungan teknologi (sistem) yang masih perlu dikembangkan
    (d) belum optimalnya jaringan kantor
    (e)promosi kurang gencar
    (f)kebijakan harga terbatas
    (g)belum adanya program insentif bagi tenaga pemasaran cabang.
    Faktor - faktor dalam dimensi peluang pada produk DCR adalah:
    (a) ukuran pasar, yaitu kontribusi deposito (termasuk didalamnya adalah kontribusi dari structured deposit) terhadap total DPK perbankan
    (b) tingkat pertumbuhan pasar, yaitu tingkat pertumbuhan deposito selama beberapa tahun terakhir
    (c) intensitas persaingan penjualan produk DCR antar perbankan
    (d) perkembangan teknologi
    (e) risiko pasar yang dapat mempengaruhi return DCR
    (f) pertumbuhan ekonomi terhadap bisnis produk DCR
    (g) marjin profit yang diperoleh produk DCR
    (h) kebijakan Bank Indonesia terkait structured deposit khususnya DCR
    (i) praktek harga yang dilakukan bank-bank dalam menjual produk DCR.
    Faktor - faktor dalam dimensi ancaman pada produk DCR adalah:
    (a)competitor dengan produk-produk investasi yang beragam
    (b)kebijakan pemerintah tentang produk-produk dari bank
    (c)kestabilan ekonomi

    BalasHapus
  2. Sambungan Tugas Managemen Strategy
    Nama : Denny ( 081010019)
    Jansen ( 081010011)
    STIE Eka Prasetya

    Produk Dual Currency Return PT Bank OCBC NISP.tbk

     penetrasi pasar (pasar yang sudah ada, yang ada produk): penetrasi pasar terjadi ketika sebuah perusahaan masuk / menembus pasar dengan produk saat ini. Cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan mendapatkan 'pelanggan pesaing (bagian dari pangsa pasar mereka). Cara lain termasuk menarik non-pengguna produk Anda atau klien saat ini meyakinkan menggunakan lebih dari produk / jasa, dengan atau lainnya promosi iklan. penetrasi pasar adalah cara paling berisiko bagi perusahaan untuk tumbuh.

    Dari contoh yang kami ambil yaitu produk DCR dari bank OCBC NISP yang baru pertama di luncurkan di masyarakat kawasan jabotabek.. pertama-tama yang harus dilakukan adalah dengan mengencarkan promosi mengenai DCR apa saja yang menjadi keuntungan dari produk tersebut.dan kelebihan-kelebihan dari produk tersebut dibandingkan produk lainnya…dan juga kita harus berupaya menarik hati konsumen dengan tawaran-tawaran yang menggiurkan melebihi pesaing produk sejenis.baik berupa suku bunga yang tinggi dan return yang menguntungkan bagi nasabah kita sehingga produk kita perlahan-lahan dapat masuk ke pasar dan diterima masyarakat

     Pengembangan pasar (pasar baru, produk yang ada): Sebuah produk yang didirikan di pasar bisa tweak atau ditargetkan untuk segmen pelanggan yang berbeda, sebagai strategi untuk memperoleh penghasilan lebih bagi perusahaan

    Dari contoh bank diatas dapat kita ketahui bahwa produk investasi DCR itu pastinya segmen pasarnya adalah kalangan atas yang memiliki uang lebih sehingga dapat diinvestasikan dibank.setelah penetrasi pasar dan pengembangan produk maka langkah terakhir yang ditempuh adalah pengembangan pasar dimana produk investasi tersebut menjangkau semua segmen masyarakat dengan kata lain setelah jabotabek maka kota-kota lainnya di Indonesia juga terjangkau oleh produk DCR sehingga dengan pasar yang luas maka pertumbuhan perekonomian dan perusaahan juga akan bertambah sehingga terjadi simbiosis mutualisme dimana bank dan nasabah sama-sama untung

    BalasHapus
  3. STIE EKA PRASETYA
    DARWIN (081010007)
    EDY LAUT (081010032)
    ANALISIS SWOT PT.SINAR SOSRO
    1. Kelebihan
    Dari beberapa sumber memang banyak yang mengatakan bahwa kekuatan Sosro ada pada sistem distribusi mereka. PT. Sinar Sosro selalu mengutamakan sistem pengawasan yang sangat ketat dalam distribusi priduk teh botol. Hal ini dilakukan agar menjaga kepercayaan diantara produsen dengan para pengecer/distributor. Bahkan, menurut salah satu sumber menyebutkan, sistem distribusi yang dibangun Sinar Sosro tidak dapat ditiru oleh perusahan manapun, termasuk perusahaan sekuat Coca Cola. Selain itu, dimana-mana dengan mudahnya dapat ditemukan teh botol sosro. Di kaki lima, di warung makan, warteg, nasi padang, restoran, hampir selalu tersedia teh botol. Hanya memang belakangan ini ada sedikit strategi monopoli dari pesaing, sehingga beberapa tempat di Mall atau warung makan hanya menjual teh merk tertentu. Walau sedikit menggoyahkan sistim distribusi teh botol sosro, tetapi tampaknya belum dapat menggoyang brand image dari teh botol. Sebgai buktinya, distribusi Coca cola belum bisa menggeser pasar teh botol. Beberapa pemain yang mencoba memasuki pasar tersebut juga masih terengah-engah untuk mengejarnya. Teh Kita, sudah ada tidak kabar beritanya. Fresh tea masih mencari-cari jati diri. Selain distribusinya uang telah “merajai” di tanah air, teh Sosro juga sudah didistribusikan ke beberapa negara seperti Australia, Vietnam, Brunei Darussalam, California, dan Singapura. Inilah fakta dari keberhasilan Sinar Sosro. Oleh karena itu, Sinar Sosro berhak mendapat sertifikasi ISO 9002.
    2. Kelemahan
    Meskipun, perusahaan telah memiliki sistem distribusi yang sangat bagus, tetapi di sisi lain menjadi kelemahan perusahaan. Sesuai dengan brand-nya, yaitu teh botol, perusahaan masih menggunakan kemasan botol kaca yang selalu menimbulkan kerepotan ketika konsumen harus mengembalikan botol bekas mereka kepada perusahaan. Dan dengan sistem pengembalian botol bekas tersebut membuat masyarakat merasa ragu akan kebersihan, serta keamanan botol yang telah digunakan berulang – ulang tersebut.
    3. Peluang
    Di era global sekarang ini, menimbulkan kebutuhan akan kepraktisan di tengah – tengah masyarakat, menjadi peluang emas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, perusahaan terus mengembangkan diri dari teh botol asli khas Indonesia menjadi beragam jenis rasa & kemasan, jus buah, maupun air minuman dalam kemasan sesuai dengan selera serta kebutuhan konsumen agar tidak jenuh akan produk yang monoton. Hal itu dilakukan agar dapat menjangkau setiap segmen pasar.
    4. Tantangan
    Akan tetapi, tantangan yang dihadapinya tidaklah ringan. Munculnya berbagai jenis minuman dalam kemasan, seperti Minute Maid Pulpy Orange dan teh hijau Nu Green Tea, yang direspons pasar dengan baik serta makin tingginya kesadaran orang untuk hidup sehat, sehingga lebih suka minum air mineral, jelas menjadi ancaman bagi bisnis teh dalam botol perusahaan ini. Bahkan, seorang sumber yang dapat dipercaya mengungkapkan, produksi Teh Botol Sosro sudah turun sekitar 30%, dan ada mesin produksi yang telah ditutup.

    BalasHapus
  4. DARWIN (081010007)
    EDY LAUT (081010032)
    ANALISIS SWOT PT.SINAR SOSRO
    1. Kelebihan
    Dari beberapa sumber memang banyak yang mengatakan bahwa kekuatan Sosro ada pada sistem distribusi mereka. PT. Sinar Sosro selalu mengutamakan sistem pengawasan yang sangat ketat dalam distribusi priduk teh botol. Hal ini dilakukan agar menjaga kepercayaan diantara produsen dengan para pengecer/distributor. Bahkan, menurut salah satu sumber menyebutkan, sistem distribusi yang dibangun Sinar Sosro tidak dapat ditiru oleh perusahan manapun, termasuk perusahaan sekuat Coca Cola. Selain itu, dimana-mana dengan mudahnya dapat ditemukan teh botol sosro. Di kaki lima, di warung makan, warteg, nasi padang, restoran, hampir selalu tersedia teh botol. Hanya memang belakangan ini ada sedikit strategi monopoli dari pesaing, sehingga beberapa tempat di Mall atau warung makan hanya menjual teh merk tertentu. Walau sedikit menggoyahkan sistim distribusi teh botol sosro, tetapi tampaknya belum dapat menggoyang brand image dari teh botol.
    2. Kelemahan
    Meskipun, perusahaan telah memiliki sistem distribusi yang sangat bagus, tetapi di sisi lain menjadi kelemahan perusahaan. Sesuai dengan brand-nya, yaitu teh botol, perusahaan masih menggunakan kemasan botol kaca yang selalu menimbulkan kerepotan ketika konsumen harus mengembalikan botol bekas mereka kepada perusahaan. Dan dengan sistem pengembalian botol bekas tersebut membuat masyarakat merasa ragu akan kebersihan, serta keamanan botol yang telah digunakan berulang – ulang tersebut.
    3. Peluang
    Di era global sekarang ini, menimbulkan kebutuhan akan kepraktisan di tengah – tengah masyarakat, menjadi peluang emas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, perusahaan terus mengembangkan diri dari teh botol asli khas Indonesia menjadi beragam jenis rasa & kemasan, jus buah, maupun air minuman dalam kemasan sesuai dengan selera serta kebutuhan konsumen agar tidak jenuh akan produk yang monoton. Hal itu dilakukan agar dapat menjangkau setiap segmen pasar.
    4. Tantangan
    Akan tetapi, tantangan yang dihadapinya tidaklah ringan. Munculnya berbagai jenis minuman dalam kemasan, seperti Minute Maid Pulpy Orange dan teh hijau Nu Green Tea, yang direspons pasar dengan baik serta makin tingginya kesadaran orang untuk hidup sehat, sehingga lebih suka minum air mineral, jelas menjadi ancaman bagi bisnis teh dalam botol perusahaan ini. Bahkan, seorang sumber yang dapat dipercaya mengungkapkan, produksi Teh Botol Sosro sudah turun sekitar 30%, dan ada mesin produksi yang telah ditutup.

    BalasHapus
  5. Vivi Maria (091010023)
    Henny Zuky (091010024)

    Market penetrasi
    dimana kita memasarkan produk yg sdh ada kpd existing customers.para pelanggan diharapkan makin lebih banyak membeli produk kita.hal ini dilakukan melalui promosi produk scr gencar ataupun reposisi bran. disini produk tdk diubah sama sekali dan jg tdk mencari pelanggan baru.
    kami menggunakan perbandingan antara Indomie dr PT.Indofood dgn Mie Sedaap dr Wings.
    Indomie merupakan produk yg sdh lama beredar di pasaran Indonesia dan telah menyeluruh. bhkn produknya sdh sampa ke berbagai Negara di Asia dan Eropa. walaupun penjualan Indomie tlh mencapai tahap yg memuaskan,namn Indomie tetap melakukan promosi seperti,bei 5 gratis 1,atau tukarkan 10 bgks ksong Indomie dgn sebungkus Indomie.
    Selain indomie,baru baru ini mcul produk Mie sedaap yg merupakan poduk baru,tetapi telah mampu menyaingi Indomie dgn kualitas rasa dan harga yg lebih murah. promosi yg dilakukan jg tdk kalah dr Indomi.Mie sedaap melakukan promosi berupa mendirikan stand2 di mall dan membagikan mie gratis yntuk dicicipi konsumen.walaupun budget yg dikeluarkan besar tapi tdk sia2 karena mampu menarik perhatian konsumen.
    Dalam penetrasi pasar ini Mie sedap memiliki keunggulan dibanding Indomie,krn produk yg msh baru tetapi mampu bersaing dengan Indomie.

    Market development (pngembangan pasar)
    Dlam pola ini kita memasarkan produk yg sdh ada kepada pasar baru. misal pengembngan ekspor atau mencari area penjualan baru.
    Conth nya antara Indomie dan Mie sedaap
    Indomie adlh produk lama jdi jangkauan pasarnya telah merakyat sampai ke mana2 bahkan sampai ke luar negri, Mie sedaap adalh produk bru namun dlm wkt dekat telah mampu mencapai pasaran asia dlm wkt yg singkat. melihat pebandingan antara mie sedaap dan Indomie dpt dilihat inomie lebih unggul karena telah memasuki pasar Eropa,sedangkan Mie sedaa msh mencapai Asia.

    Product development (pengembangan produk)
    Dalam pola ini kita membuat dan memasarkan produk baru kepda pelanggan yang sudah ada dengan melakukan inovasi produk dan pengenalan produk baru kpd para pelanggan.
    Cth:
    Indomie telah menciptakan berbagai rasa mulai dr rasa khas daerah sampai rasa yg unik. namun dpt dilihat hanya rasa tertentu yg diminato konsumen, sdgkan yg lainnya bs dikatakan gagal untuk penyebaran di pasaran. Mk indomie pn menciptakan produk baru yaitu Indomie Gorng yg dilengkapi dgn bawang goreng,dgn rasa yg berbeda. produk ini awalny meerupakan produk yg diluncurkan oleh Mie sedaap,krn melihat produk ini begitu digemari masyarakat maka Indomie pun menciptakan rasa yg tdk jauh berbeda. Dalm pengembangan produk apat kita lihat Mie sdaap mengungguli Indomie.

    BalasHapus
  6. Tugas Managemen Strategy
    oleh: Belhonit (081010049)
    Donnie (081010042)
    Analisis SWOT untuk produk coca cola
    I.Strenght
    -Menguasai pangsa pasar dunia
    -Beroperasi hingga lebih dari 200 negara
    -Memproduksi 400 merk yang terdiri lebih dari 2600 produk minuman
    -Perusahaan minuman terbesar sedunia
    -Sebagai inovator dalam industri soft drink
    II.Weakness
    Coca Cola hanya berbasis pada kategori minuman dan belum merambah ke sektor lain
    III.Opportunity
    -Meningkatnya gaya hidup beberapa konsumen akan softdrink
    -Pendistribusian produk yang mudah ke berbagai daerah karena luasnya jaringan
    -Kerjasama dengan berbagai pihak
    -Pengembangan produk baru jenis makanan
    -Pertumbuhan iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat
    IV.Threat
    -Banyak konsumen yang mulai meninggalkan minuman berkarbonasi
    -Di beberapa negara seperti India melarang penjualan coca-cola
    -Invasi AS ke Irak yang mempengaruhi penjualan coca-cola
    -Tingginya harga bahan mentah
    -Kesulitan mengatur seluruh anak perusahaan sedunia

    BalasHapus
  7. Lidya (081010008)
    Yusnita (081010017)


    ANALISIS SWOT

    Factor – factor keunggulan yang ada dalam perusahaan indofood :

    • perusahaan indofood memperkenalkan produk- produknya kepasaran.
    • dapat menjangkau sampai pelosok – pelosok desa dan menciptakan branded di benak konsumen.

    • Perusahaan indofood mampu menciptakan berbagai macam produk unggulan, salah satunya adalah indomie.

    Factor – factor kelemahan yang ada dalam perusahaan indofood:

    • perusahaan indofood harus bersedia menjual produk indomie mereka dengan harga murah agar banyak konsumen yang tertarik untuk membelinya.

    • adanya pendapat dari masyarakat atau konsumen bahwa mengkonsumsi produk indomie dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya penyakit kanker.

    • Adanya pergantian kemasan sehingga dapat membuat konsumen atau masyarakat menjadi kebinggungan untuk mencari produk indomie tersebut.




    Peluang yang ada dalam perusahaan indofood:

    • produk indomie menjadi produk unggulan karena masih belum banyak.

    • produk indomie dapat membuat masyarakat menyukai produk indomie karena produk indomie merupakan makanan yang cepat saji (instant) sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau konsumen yang modern.

    • Produk indomie sudah berhasil menciptakan branded atau memposisikan produk mereka di benak konsumen atau masyarakat.

    Kompetitor yang ada dalam perusahaan indofood:
    • perusahaan indofood belum mendapatkan banyak pesaing di produk indomie.

    • sudah banyak muncul pesaing – pesaing yang ada di lingkungan masyarakat.

    • Perusahaan – perusahaan yang lain berusaha menciptakan produk dan kualitas untuk menyaingi perusahaan indofood terutama di produk mienya.

    BalasHapus
  8. Analisis Swot


    Dibuat oleh :
    1. Robin ( 081010047 )
    2. Elisabet Juliwati ( 091010045 )

    Streghts → Kekuatan pada Bank Panin dalam menghadapi pasar dan mendapatkan segmen pasar yakni, Bank Panin memiliki beberapa fasilitas yaitu :
    - Tabungan Panin
    - Tabungan Junior Panin
    - Deposito
    - Valas
    - LC
    - Bank Garansi
    - KPR
    - KPM
    - SMB ( Modal Kerja )
    - Kredit Express dll.
    Yang menjadikan Panin tetap unggul dalam menghadapi kompetitor dan memenuhi kebutuhan pasar perbankan.

    Weakness → Beberapa keluarga Bank Panin dalam menyanyingi yakni : kantor cabang dengan kapasitas gedung yang kecil.

    Oppontunity → Kesempatan Bank Panin dalam merebut pangsa pasar untuk menjadi No.5 ditahun 2012 sehingga Bank Panin telah menerapkan system yang lebih inovatif yaitu: ( ICARE ) dan bisa memenuhi pangsa pasar yang dituju.

    Thearts →
    • Ancaman daripada kompetitor baik dari lembaga perbankan maupun non perbankan bidang perkreditan sedangkan ancaman dari pada kompetitor antar Bank yaitu: kita harus menjalankan system pemprosesan yang cepat & akurat.
    • Ancaman dari pada kompetitor perbankan dalam hal tabungan / investasi yaitu produk dari lembaga keuangan non bank lebih menguntungkan dan kreatif sedangkan ancaman dari pada kompetitor antar Bank yaitu: perbedaan antara suku bunga antar Bank.

    BalasHapus
  9. Linda (081010001)
    Firawati (081010004)

    Analisis Swot

    PT. Cocacola Company

    Keunggulan : perusahaan menjangkau sampai ke kawasan perdesaan dan menjadi lebih inovatif dalam mendesign produknya itu.

    Kelemahan : perusahaan harus bisa menjual produknya dengan harga yg murah, agar banyak konsumen yg dapat menkonsumsinya baik kalangan menengah kebawah, dan mungkin banyak ada yang bilang minum cocacola itu dapat menyebabkan berbagai penyakit,makanya ada masyarakat yang menjadi was-was dalam mengkonsumsi cocacola


    Peluang : perusahaaan dapat menjadi leader karena belum ada yang melakukan bisnis minuman soda ini di pasaran masyarakat.

    Kompetitor : awal masuk belum begitu banyak adanya persaingan,setelah ada banyaknya persaingan maka perusahaan harus lebih inovatif dalam mendesign produknya itu,jikalau gk inovatif maka pesaing akan mudah masuk ke pasar dan merajai pasar di indonesia

    BPOM RI ND 250010027349
    info lanjut di www.coca-colabottling.co.id

    BalasHapus
  10. Dibuat oleh:
    Vera (091010022)
    Mellisa (091010035)
    Diversification Strategy
    1. Concentric Diversification Strategy
    Strategi ini dapat dilakukan dengan cara menambah produk yang baru tetapi masih saling berhubungan.
    Contoh :
    Produk LG Electronic membuat radio pertama type A-501 di Korea. Dalam perkembangannya LG Electronic mengeluarkan produk baru dalam dunia electronic yaitu televisi dimana cara kerja televisi adalah perkembangan dari radio dan juga memproduksi handphone lebih awal dibandingkan Samsung.
    Samsung Electronic pada mulanya membuat modul memori computer dengan kapasitas 64 kilobyte, karena kelambanan pertumbuhan pasar maka dikeluarkan modul memori 256 megabyte lebih dahulu daripada para kompetitornya untuk melengkapi perangkat handphone Samsung.
    Analisis SWOT untuk Concentric Diversification Strategy:
    - Keuntungan : meningkatkan pendapatan perusahaan masing – masing dengan adanya keluaran produk baru dengan fasilitas yang tidak jauh berbeda.
    - Kelemahan : penjualan tidak hanya terfokus pada 1 produk saja.
    - Competitor : Samsung sebagai competitor LG mengeluarkan produk yang sama dimana harganya lebih murah daripada LG.
    - Peluang : membuka bisnis baru yang berhubungan dengan produk baru membuat massyarakat tertarik dengan kelebihan produk yang pertama dipasarkan membuat masyarakat tertarik untuk memperolehnya.
    2. Horizontal Strategy
    Strategi ini dilakukan dengan menambah produk baru tetapi tidak saling berhubungan untuk ditawarkan pada konsumen yang sama yang telah ada sekarang.
    Contoh :
    Produk LG dari mengeluarkan televisi untuk manambah produk baru kepada pelanggan LG dengan mengeluarkan handphone yaitu ada LG cookies, LG wink, LG communicator,LG Shine,dsb.
    Samsung dari mengeluarkan handphone berinvestasi ke Industri berat,industri kimia, dan industri petrokimia setelah mengeluarkan modul memori degan memakai nama Samsung Height Industries Company dan Samsung Precisian Company ( memproduksi kulkas dan mesin cuci) agar konsumen mengetahui produk tersebut adalah keluaran Samsung.
    Analisis SWOT untuk Horizontal Strategy:
    - Keuntungan : brand telah tertanam di benak konsumen sehingga dapat mendatangkan keuntungan seccara signifikan
    - Kelemahan : kemampuan produk baru belum diketahui sehingga konsumen agak ragu dengan kualitas produk keluaran terbaru
    - Kompetitor : berusaha mengeluarkan produk yang sejenis juga dan juga memperluas jangkauan pasar
    - Peluang : mengeluarkan produk baru untuk menambah pengembangan pasar

    3. Conglomerate diversification
    Strategi dengan menambah produk yang tidak saling berhubungan.
    Contoh :
    LG pada mulanya perusahaan kimia pertama di Korea. Kemudian berpindah haluan untuk menjajaki dunia elektronik rumah tangga dengan nama LG Electronic hingga sampai sekarang ini telah banyak produk - produk yang dikeluarkan LG seperti: notebook,kulksa,AC, mesin cuci,vacuum cleaner,televisi,monitor, car audio,home theater.
    Samsung pada mulanya adalah perusahaan export import computer. Tetapi perusahaan melakukan diversifikasi dengan meletakkan dasar – dasar strategis dengan memulai membuat modul memori untuk mendukung fasilitas handphone.
    Analisis SWOT untuk Conglomerate Diversification:
    - Keuntungan : adanya perkembangan anak perusahaan
    - Kelemahan : pada mulanya pasti kurang berpengalaman dalam produk baru, target pasar mungkin pada awalnya susah mencapai target
    - Competitor : pesaing mungkin lebih unggul dalam bidang yang telah lama mereka jalani
    - Peluang : membuka lahan pendapatan baru dan memperluas lapangan pekerjaan

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Aslan Chalil Efendy Samosir 081010050
    Dewi Maya Sartika 081010044

    PT. Indosat Tbk
    Analisa SWOT

    1. Strength:
    Kekuatan Indosat antara lain terdapat pada: hak duopoli yang dimilikinya, pengalaman mengelola bisnis telekomunikasi internasional, kekuatan manajemen dan budaya perusahaan, rangkaian produk dan jasa yang luas, teknologi yang mutakhir pada peralatannya, kualitas produk dan jasa, serta citra perusahaan yang baik.

    2. Weakness:
    Kelemahan Indosat antara lain terdapat pada: kurangnya kebiasaan bersaing secara ketat akibat kenikmatan hak duopoli yang dimilikinya, rentannya likuiditas perusahaan akibat besarnya kewajiban yang dimilikinya, dan diversifikasi yang berlebihan seperti pada perusahaan anak dan afiliasi yang kurang menguntungkan.

    3. Oppurtunities:
    Peluang bagi Indosat antara lain: besarnya pasar domestik yang belum tergarap, perluasan usaha baru yang melingkupi bisnis inti yang cukup menguntungkan, dan bisnis telekomunikasi global yang cukup menjanjikan.

    4. Threat:
    Ancaman bagi Indosat antara lain: masuknya pendatang baru terutama dari luar negeri sehubungan akan berakhirnya hak duopoli, kompetisi global yang memasuki pasar domestik, dan krisis ekonomi yang melanda Indonesia.

    BalasHapus
  13. Nama : Laura Christa ( 081010040 )
    Noviria Christina ( 091010046 )
    STIE EKAPRASETYA
    Tugas Management Strategi

    Analisis SWOT dari perusahaan DAYA MEGA (perusahaan yang bergerak dibidang komputer, laptop, dsb) :
    1.Strengths / Kekuatan : DAYAMEGA sudah menjadi salah satu distributor ternama di Sumatra Utara.
    2.Weaknesess / Kelemahan : DAYAMEGA hanya memfokuskan perusahaan pada merk ternama, salah satunya DELL dan LENOVO.
    3.0pportunities / Kesempatan : DAYAMEGA dapat membaca peluang dari masyarakat sehingga merk yang mereka jual sudah mendapat positioning dibenak para masyarakat yang konsumtif terhadap kemajuan elektronik.
    4.Threats / Ancaman : yang menjadi ancaman dari DAYAMEGA adalah brand ternama yang lainnya.

    BalasHapus
  14. Kelompok :
    • Adi Randal Tarigan 091010048
    • Febri Kurniawan 081010036
    Analisi SWOT terhadap PT. AJINOMOTO INDONESIA
    "kekuatan"/strengths
    Kekeuatan atau strengths pada produk ajinomoto ini adalah terdapatnya beberapa merek (brand) penyedap makanan yang membuat para ibu rumah tangga beralih menggunakan produk ajinomoto ketimbang produk lainnya. Selain itu juga ajinomoto memiliki minuman yaitu susu dengan brand calpico dengan memiliki berbagai rasa buah, selain itu untuk yang suka terhadap kopi perusahaan ajinomoto Indonesia mengeluarkan produk minuman kopy dalam kelasan kaleng dengan brand berdy.
    "kelemahan"/weaknesses
    Pada produk penyedap makanan keluaran PT. ajinomoto Indonesia ini memiliki jenis dan rupa yang hampir sama dengan kompetitornya memiliki rasa penyedap masakan yaitu masako rasa ayam dan rasa sapi, dan penyedap makanan yang sama tersebut dimiliki oleh kompetitornya yaitu Royco dari PT. unilever Indonesia. Selain itu, produk lain yang dimiliki PT. ajinomoto tersebut kuran juga diminati orang banyak sehinggan membuat kelemahan tersebut membuat sebahagian produk tenggelam.
    kesempatan"/opportunities
    pada produk tersebut kesempatan (opportunities)yang dapat diraih oleh PT. ajinomoto Indonesia adalah bahwa seringnya terjadi perggantian kemasan yaitu dari kemasan yang menurut perusahaan sudah kuno diganti dengan kemasan baru yang lebih modern dan mudah mendapatkan kembali pelanggan yang akan membeli produk tersebut, karena biasanya para customer hampir sering lebih suka dengan produk yang memiliki kemasan baru.
    "ancaman"/threats
    Ancamannya adalah adanya inovasi perubahan produk dari perusahaan sejenis yaitu sasa penyedap masakan sehingga dapat membuat penjualan dari produk perusahaan ajiinomoto menjadi terganggu.

    BalasHapus
  15. nice ... good job ....... thank you...Tasks collected I will count on a good value ....

    BalasHapus
  16. STIE EKA PRASETYA MEDAN
    Oleh :

    Kristina (081010021)
    Yenni (081010003)

    Bu...sebelumnya kami minta maap berhubung abangnya kristina meninggal dunia..oleh karena itu, blm dpt hdir smlm jd tdk dpt diskusi dan mnyrahkan tugas bu... Brkt kami kirimkan analisa SWOT kami...utk perusahaan exxon mobil..

    Strength : mutu dan kualitas produk yg ditawarkan adalah kualitas no satu sehingga meminimalisasikan penggantian oli dan memaksimalkan daya kerja mesin sehingga keawetan mesin tahan lebih lama.

    Weakness : dikarenakan produk exxon mobil adalah brg impor sehingga mengakibtkan cost production menjadi lebih tinggi dibandingkan produk lokal, maka dari itu exxon mobil krg bisa bersaing ketat dlm harga dgn kompetitor lainnya.

    Opportunity : berbagai tndakan promosi oleh exxon mobil untuk memasarkan produknya di pasar yg sudah ada, serta mncari pangsa baru. Setelah pemasaran mncapai target, tantangan brkutnya adalah penguatan image produk di benak konsumen sehingga tidak mengalami penurunan (decline) produk.

    Threat : apabila exxon mobil tidak mampu bersaing dngn produk lokal yg harganya lebih terjangkau, maka kemungkinan besar exxon mobil harus siap untuk segala kemungkinan trburuk.

    BalasHapus

Entri Populer

My Beibeh at Pandawa Beach Bali

My Beibeh  at Pandawa Beach Bali

Nara Sumber At Deli TV

Nara Sumber At Deli TV

my own

my own
Universal Studio Bandung

Graduation ICM 2011

Graduation ICM 2011

my sweety

my sweety

A gift

A gift
graduation 2011

My Self

My Self
Kata sambutan acara Wisuda ICM