Kamis, 25 November 2010

Strategy Pemasaran 1

Manajemen  Strategy                   Pertemuan X

Strategy Pemasaran 1
By Nur Aisyah,SE,MM


- Peranan promosi berguna untuk:
         Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.

         Memberitahukan kegunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta cara penggunaanya.

          Memperkenalkan barang atau jasa baru


- American Marketing Association 1960

Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai.  

Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control

 Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.  


Langkah langkah Segmentasi Pasar, Penetapan Pasar Sasaran,Penempatan Pasar


A. Segmentasi Pasar                       

1. Identifikasi segmentasi pasar     
2. Mengembangkan profit setiap segmen  

B. Menetapkan Pasar Sasaran

            1. Mengembangkan metode penilaian   atas daya  tarik segmen

            2. Memilih segmen yang akan dimasuki               

  1. Penempatan Produk           

            1. Merumuskan penempatan produk  pada masing-masing segmen yang    
                dipilih sebagai sasaran
            2. Mengembangkan bauran pemasaran  bagi setiap segmen yang dipilih   
     sebagai sasaran    

Dalam menerapkan pasar sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan, yaitu:
         1. Segmentasi Pasar
         2. Penetapan Pasar Sasaran
         3. Penempatan Produk

Terdapat 4 ( empat ) ktiteria proses segmentasi pasar dapat dijalankan dengan efektif dan bermanfaat bagi perusahaan, yaitu:

1. Measurable; segmen pasar tesebut dapat diukur, baik  
    besarnya,maupun luasnya serta daya beli segmen pasar tsb
2. Accessible ; segmen pasar tsb dapat dicapai sehingga
    dapat  dilayani secara efektif.
3. Substantial ; cukup luas  sehingga dapat menguntungkan
    bila dilayani.
4. Actionable; dapat dilaksanakandengan tepat sehingga
    semua program yang telah disusun untuk menarik dan
    melayani segmen pasar itu dapat efektif.


l      Perubahan segmentasi pasar atas dasar:

a. Segmentasi atas dasar Geografis,
           
            Segmentasi pasar ini dilakukan dengan cara membagi pasar kedalam
unit-unit geografis seperti negara, propinsi, kabupaten. kota, desa,dsb

Perusahaan akan beroperasi disemua segmen, akan tetapi, harus memperhatikan perbedaan kebutuhan dan selera yang ada dimasing-masing daerah.

      b. Segmentasi atas dasar Demografis,

Segmentasi pasar ini dilakukan dengan cara memisahkan pasar kedalam kelompok yang didasarkan pada variabel-variabel demografis,seperti: umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, agama, pendidikan, pekerjaan, dll

c. Segmentasi atas dasar psychografis,

Segmentasi pasar ini dilakukan dengan cara membagi konsumen kedalam kelompok  menurut kelas sosial, gaya hidup, berbagai ciri kepribadian, motif pembelian, dll.


Perusahaan dapat mengikuti salah satu diantara lima (5)  strategi pasar, yaitu:


         1. Konsentrasi pasar tunggal;
         2. Spesialisasi produk;
         3. Spesialisasi pasar;
         4. Spesialisasi selektif
         5. Peliputan Keseluruhan


Penempatan produk adalah: Tindakan merancang produk dan bauran pemasaran agar tercipta kesan tertentu diingatkan konsumen.

               
4 (empat) Variabel bauran pemasaran (Marketing mix) :

         1. Strategi Produk
         2. Strategi Harga
         3. Strategi Penyaluran / Distribusi
         4. Strategi Promosi



FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN

1. Lingkungan mikro perusahaan
a. Perusahaan
b. Pemasok (Supplier)
c. Para Perantara Pemasaran
d. Para Pelanggan
e. Para Pesaing
f. Masyarakat Umum

2 komentar:

  1. Analisis Swot
    Untuk Honda Indonesia
    Oleh :
    Dermawan ( 081010038 )
    Hendra ( 091010042 )



    ANALISIS SWOT adalah suatu bentuk analisis situasi dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis terhadap kekuatan-kekuatan (Strengths) dan kelemahan-kelemahan (Weaknesses) suatu lembaga atau organisasi dan kesempatan-kesempatan (Opportunities) serta ancaman-ancaman (Threats) dari lingkungan untuk merumuskan strategi organisasi.

    Strenghts
    Honda merupakan salah pelopor otomotif di Indonesia yang terus berinovasi dan memasarkan produk – produk bermutu dengan melakukan riset – riset pasarnya terlebih dahulu.

    Karena Riset yang dilakukan setiap produknya seperti merupakan permintaan public dan sesuai dengan trend yang ada. Apalagi didukung dengan keiritan BBMnya dan inovasi pada mesinnya, menurut kami ini adalah salah satu kekuatan dari Honda sehingga masih bertahan sebagai Motor Handal.

    Weakness
    Sering tumbuh tingkat persaingan, dimana pesaing sejenis dari Jepang juga yaitu Yamaha yang terus menggempur trus dengan promosi – promosi yang tidak kalah banyaknya, dan banyak melakukan inovasi juga pada mesin dan juga mengusung ke Design – design yang sporty dan aerodinamis, sehingga dapat mempengaruhi tingkat penjualan dari Honda di Indonesia.

    Opportunities
    Menurut kami sebenarnya Honda masih memiliki banyak peluang untuk mengambil kembali hati masyarat, yaitu semakin banyaknya dibuat Ahass (service Center Honda ) yang ada di seluruh penjuru Indonesia dengan standar yang lumayan baik. Ini juga merupakan salah satu bentuk peningkatan pelanyanan Honda kepada Peminatnya dengan harga suku cadang yang termasuk ekonomis.

    Threat
    Dengan semakin banyaknya jenis dan merk motor yang telah beredar di pasaran Indonesia menurut kami merupakan ancaman juga bagi motor Honda, apalagi setiap merk mengusung inovasi dan juga model – model yang trendy juga.

    BalasHapus
  2. nice......nice ... good job ....... thank you

    BalasHapus

Entri Populer

My Beibeh at Pandawa Beach Bali

My Beibeh  at Pandawa Beach Bali

Nara Sumber At Deli TV

Nara Sumber At Deli TV

my own

my own
Universal Studio Bandung

Graduation ICM 2011

Graduation ICM 2011

my sweety

my sweety

A gift

A gift
graduation 2011

My Self

My Self
Kata sambutan acara Wisuda ICM